Jakarta (ANTARA) - Aplikasi Smule merupakan salah satu jenis dari berbagai banyak platform atau aplikasi karaoke sosial yang sangat populer di kalangan penggemar musik. Dengan Smule, pengguna dapat bernyanyi bersama teman atau orang lain dari seluruh dunia, baik secara solo maupun duet.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk merekam dan membagikan performanya, serta berkolaborasi dengan penyanyi lain secara langsung dengan hanya melalui smarthphone.

Smule menyediakan berbagai lagu dari berbagai genre dan bahasa, serta menawarkan berbagai fitur untuk meningkatkan pengalaman karaoke Anda. Diantaranya efek suara dan rekaman berkualitas tinggi, Smule membuat setiap penampilan menjadi lebih baik dan yang menyenangkan

Jika Anda ingin mencobanya dan penasaran tentang cara menggunakan Smule. Berikut cara install dan penggunaannya untuk menikmati karaoke di smartphone Anda:

Cara instal aplikasi karaoke Smule


1. Buka aplikasi Play Store (Android) atau App Store (iOS) di perangkat smarphone Anda.

2. Pada menu penelusuran ketik “Smule: Karaoke dan nyanyi musik” kemudian cari.

3. Jika sudah menemukan, pilih "install" atau "unduh" aplikasi.

4. Tunggu beberapa saat hingga proses mengunduh selesai.

5. Aplikasi berhasil terpasang dan Anda bisa menggunakannya.


Cara menggunakan aplikasi karaoke Smule


1. Buka aplikasi dan lakukan pendaftaran melalui Facebook, akun google, dan akun email. Pilih salah satu diantaranya, Anda juga bisa melanjutkan sebagai tamu.

2. Selanjutnya masukan foto profil dan username nama Anda.

3. Pilih empat genre yang Anda suka untuk menentukan jenis dan playlist lagu di Smule.
​​​​​​​
4. Jika Anda ingin menikmati aplikasi Smule tanpa iklan dan akses tanpa batas ke lebih dari 100 ribu lagu, Anda bisa memulai uji coba gratis untuk menjadi VIP selama tujuh hari.

5. Selanjutnya Anda bisa memulai lagu dengan pilih rekomendasi dari minat Anda untuk memulai karaoke atau bisa pilih “Lewati”.

6. Setelah berhasil mendaftar, kemudian masuk ke beranda atau feed.
​​​​​​​
7. Cari lagu dengan tanda kaca pembesar di bagian kiri atas layar. Ketik lagu maupun nama penyanyi di kolom pencarian tersebut. Kemudian enter atau cari.

8. Pilih lagu dari daftar yang tersedia atau undangan duet yang muncul di bawahnya. Setelah memilih lagu, pilih tulisan “Nyanyikan” atau “Sing”.

9. Selanjutnya Anda akan masuk ke pilihan Duet, Grup, Solo, atau bergabung. Untuk akun yang belum VIP, Anda hanya bisa memilih “Bergabung” yang bergabung dengan rekaman orang lain.

10. Jika Anda ingin mencoba fitur yang gratis dahulu, Anda bisa duet bersama orang lain dengan cara klik pilihan “Bergabung”. Cari duet yang Anda inginkan, lalu pilih “Bergabung” .

11. Kemudian akan keluar lirik dan pilih “Lanjutkan” Kemudian, tentukan apakah ingin duet dengan audio saja atau dengan video. Jika sudah pilih “Nyanyikan dengan lengkap”.

12. Proses karaoke sedang berlangsung. Jika tidak ingin selesai, Anda bisa menekan ikon "pause" di kiri atas dan pilih "save" untuk menyimpan atau "mulai baru" dan "ganti lagu baru".

13. Jika sudah selesai, Anda bisa periksa kembali hasil rekamannya dan pilih pengaturan volume untuk mengedit vokal, efek audio, hingga mencocokkan tempo lagu dengan suara vokal. Jika sudah pilih "Lanjutkan”.

14. Audio Anda sudah selesai dan Anda bisa membagikannya ke aplikasi lainnya.


Baca juga: Cara terbaru daftar akun pengguna untuk aplikasi Smule

Baca juga: Mengenal aplikasi Smule dan manfaatnya

Baca juga: Usaha hiburan Tangerang diminta tutup selama 2 hari sebelum Ramadhan