Deli Serdang, Sumatera Utara (ANTARA) - Pertandingan hari pertama cabang olahraga wushu Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut akan memperebutkan enam medali emas nomor taolu changquan putra dan putri, taijiquan putra dan putri, serta nanquan putra dan putri.

Pertandingan tersebut akan digelar di GOR Disporasu, Deli Serdang, Sumatera Utara, mulai pukul 09.00 WIB.

Di nomor taolu changquan putra, peraih medali emas Sea Games 2023 Edgar Xavier Marvelo akan yang mewakili DKI Jakarta akan bersaing ketat dengan atlet Jawa Timur yang juga meraih emas di Kamboja Muhammad Daffa Golden Boy.

Sedangkan di nomor changquan putri, atlet DKI Jakarta yang menyabet perak di Sea Games 2023 Eugenia Diva Widodo akan melawan lawan-lawan yang tidak mudah, seperti atlet Jawa Tengah Joeng Jovanka Melinda Yusuf dan atlet tuan rumah Kelly Earlene Irwin.

Baca juga: Wushu - DKI Jakarta optimistis lampaui medali emas Sumatera Utara

Di sektor taijiquan putra, atlet tuan rumah Nicholas, yang juga meraih perak di PON XXI Papua, akan menjadi salah satu unggulan, melawan atlet-atlet tangguh dari provinsi lain seperti Juan Hendy Irmanto dari Yogyakarta dan Arif Wicaksono dari Jawa Tengah.

Atlet Jawa timur Alisya Mellynar, yang menyabet emas di PON XX Papua, menjadi favorit untuk nomor taijiquan putri. Dia akan berhadapan dengan Zefanya Adelia Sidharta dari Yogyakarta yang sukses meraih perak di PON sebelumnya.

Di nomor taolu nanquan putra, atlet tuan rumah peraih perak SEA Games 2023 dan emas PON XX Papua Harris Horatius akan menjadi unggulan, melawan atlet-atlet kuat seperti Yofan dari Jawa Tengah yang menyabet perak di PON Papua.

Baca juga: Wushu - Tuan rumah targetkan dulang 10 medali emas

Sedangkan di nanquan putri, atlet Jawa Barat Tasya Ayu Puspa Dewi, yang menyabet perak di SEA Games 2023, akan bersaing dengan atlet-atlet liat, termasuk Sherly Velika Wuryaningtias yang mengunci medali perunggu di POJ XX Papua.

Selain itu, hari pertama wushu PON XXI Aceh-Sumut juga mempertandingkan sejumlah nomor lainnya, seperti penyisihan nomor sanda putra kelas 48kg, 52kg, 56kg, 60kg, 65kg, 70kg, dan 75kg, serta sanda putri kelas 48kg, 52kg, 56kg, dan60 kg.

Nomor wing chun wooden dummy putra dan putri, yang baru pertama kali di PON, juga akan dipertandingkan.

Cabang olahraga wushu PON XXI Aceh-Sumut akan digelar pada 12 hingga 15 September. Sebanyak 29 medali emas, 29 medali perak, dan 40 perunggu diperebutkan dari 29 nomor yang dipertandingkan.

Baca juga: Nomor wing chun cabang olahraga wushu perdana dipertandingkan di PON