Deli Serdang (ANTARA) - Tim drum band DKI Jakarta mengaku tetap optimistis mampu meraih medali perdana pada cabang olahraga drum band Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024.

"Pada prinsipnya, pelatih maupun pemain optimistis untuk mendapatkan hasil terbaik dan tentunya menjadi kebanggaan buat kita semua," kata Kepala Pelatih drum band DKI Jakarta Sofuan saat ditemui di sela-sela lomba baris berbaris (LBB) dan lomba unjuk gelar (LUG) drum band PON 2024 di GOR Futsal Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara (Disporasu), Deli Serdang, Rabu.

Sejauh ini, cabang olahraga drum band sudah melombakan enam nomor pertandingan, namun tim drum band DKI Jakarta belum mengemas medali satu pun.

Meskipun demikian, Sofuan mengatakan telah melakukan persiapan maksimal dengan mengatur waktu latihan dan memastikan para atlet mendapat istirahat yang cukup sehingga ia pun tetap optimistis DKI Jakarta akan meraih hasil terbaik yaitu memperoleh medali.

"Semuanya diatur sedemikian rupa supaya mereka bisa bermain dengan maksimal, baik itu pola latihan, istirahat, maupun seterusnya. Jadi itu diatur secara khusus supaya mereka bisa tampil secara maksimal," kata dia.

Perlombaan pada cabang olahraga drum band digelar di Stadion Madya Atletik, Kawasan Sumut Sport Center, Deli Serdang, Sumatera Utara dengan enam nomor pertandingan yang sudah dilombakan meliputi lomba berbaris jarak pendek (LBJP) 400 meter putri, 400 meter putra, 800 meter campuran, 600 meter putri, 800 meter putra, dan 600 meter campuran.

Untuk nomor LBB dan LUG itu, terdapat masing-masing empat provinsi yang menjadi finalis usai mengikuti babak penyisihan pada Selasa (10/9), yaitu Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta.

Baca juga: Drum band - Empat provinsi lolos ke final LBB dan LUG

Menurut Sofuan, tiga provinsi yang menjadi lawan DKI Jakarta itu merupakan tim yang kuat. Meskipun begitu, ia tetap optimistis tim drum band DKI Jakarta mampu mencetak kemenangan perdananya di cabang olahraga drum band PON 2024 itu.

"Lawannya berat semua ya, cuma kami tetap optimis karena kita termasuk lawan yang berat juga," ujar dia.

Total terdapat delapan provinsi yang menjadi peserta cabang olahraga drum band, yakni DKI Jakarta, Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, dan DI Yogyakarta.

Baca juga: Penonton drum band diimbau tidak bersorak
Baca juga: Drum band - Jakarta siapkan penampilan istimewa demiemas LKBB