Aceh Timur (ANTARA) - Cabang olahraga sepak takraw Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 untuk nomor perseorangan kuadran atau empat pemain di lapangan mulai dipertandingan di Gedung Idi Sport Center, Idi, ibu kota Kabupaten Aceh Timur.

Koordinator Humas Cabang Olahraga Sepak Takraw PON XXI Aceh-Sumut 2024 Ilyas di Aceh Timur, Rabu, mengatakan nomor perorangan kuandran mempertandingkan 19 pertandingan, di antaranya sembilan pertandingan di kelompok putra dan 10 pertandingan di kelompok putri

"Pertandingan nomor perorangan kuandran berlangsung hari ini dan besok. Total pertandingan sebanyak 19 pertandingan. Untuk putra menggunakan sistem grup dan putri menggunakan putaran robin atau saling jumpa," kata Ilyas.

Nomor perorangan kuandran diikuti sembilan provinsi yakni Aceh, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Sulawesi Tengah, Jawa Barat, Gorontalo, Lampung, dan Kepulauan Riau.

Untuk kelompok putra dibagi dua grup. Grup A diisi Aceh, Jawa Tengah, dan Gorontalo. Sedangkan Grup B terdiri Sumatera Utara, Kepulauan Riau, dan Sumatera Utara. Juara dan peringkat dua grup melaju ke semifinal.

"Sedangkan kelompok putri dengan sistem robin atau saling jumpa terdiri Aceh, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Sulawesi Tengah, dan Jawa Barat. Peringkat satu dan dua meraih medali emas dan perak. Sedangkan peringkat tiga dan empat berhak atas perunggu," kata Ilyas.

Baca juga: Sepak takraw - Jawa Timur raih emas nomor tim regu putri

Sebelumnya, Technical Delegate Cabang Olahraga Sepak Takraw PON XXI Aceh-Sumut Aziz Abdul Hakim menyatakan ada 10 medali emas diperebutkan dari cabang olahraga tersebut.

"Untuk cabang olahraga sepak takraw, ada 10 medali emas, lima dari putra dan lima dari putri. Cabang olahraga sepak takraw PON XXI mulai dipertandingkan 7 hingga 19 September 2024," kata Aziz Abdul Hakim.

Ke-10 medali emas tersebut diperebutkan dari lima nomor, putra dan putri, yakni nomor perorangan ganda, tim ganda, nomor regu, tim regu, perorangan kuandran

Cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut mengikutsertakan sebanyak 192 atlet dari 26 provinsi. Jumlah atlet tersebut belum termasuk dari tuan rumah Provinsi Aceh yang mengikuti semua nomor cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut.

"Lapangan sepak takraw di Gedung Idi Sport Center, Kabupaten Aceh Timur dibangun memenuhi standar untuk pertandingan internasional," kata Aziz Abdul Hakim.

Baca juga: Sulawesi Selatan sabet emas regu putra sepak takraw