Banda Aceh (ANTARA) - Tim judo DKI Jakarta mendominasi perolehan medali emas dengan memimpin di empat dari enam nomor yang dipertandingkan pada laga final PON Aceh-Sumatera Utara 2024 di Gelanggang Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh, Selasa.

Sebanyak empat medali emas tersebut berasal dari nomor -55 kilogram putra melalui Muhammad Jamil Reza, nomor -45 kilogram putri melalui Shifa Aulia, nomor -48 kilogram putri melalui Meli Marta Rosita, dan nomor -52 putri kilogram melalui Maryam March Maharani.

Pada nomor -55 kilogram putra, Muhammad Jamil Reza mengalahkan perwakilan Jawa Barat Muhammad Rizqi Maulana lewat bantingan atau ippon sehingga perolehan skor 10-0. Dengan begitu, Rizqi harus puas dengan medali perak.

Sedangkan medali perunggu nomor -55 kilogram putra disabet oleh Ilham Fadillah dari Papua dan Iqbal Jurisky dari Sumatera Selatan.

Kemudian, di nomor -45 kilogram putri, Shifa Aulia unggul dari perwakilan Jawa Barat Windi Ardana dengan perolehan skor tipis 1-0.

Posisi ketiga sekaligus peraih perunggu di nomor ini yakni Hagia Sofya Raditya dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Ni Kadek Desi Kartika Sari dari Bali.

Medali emas pada nomor -48 kilogram putri diraih oleh Meli Marta Rosita setelah memenangkan laga final melawan Desiana Syafitri dari Jawa Barat dengan kemenangan telak skor 10-0 atau ippon.

Sementara itu, Erika Singgi dari Kalimantan Timur dan Amanah Nur Istiqomah dari Banten menempati posisi ketiga atau menerima medali perunggu.

Baca juga: PB PON putuskan atlet Jateng Irvan lolos partai final muaythai

Di kelas -52 kilogram putri, judoka atau atlet judo wakil Indonesia di Olimpiade Paris 2024 Maryam March Maharani mengalahkan perwakilan Jawa Barat Zhovanis Keisya Imawan dengan skor 1-0.

Kemenangan Maryam mengunci gelarnya sebagai juara bertahan setelah sebelumnya ia juga menerima emas pada PON XX Papua 2021 di nomor yang sama.

Medali perunggu di nomor -52 kilogram putri diraih oleh Yaumil Aqsharini dari Kalimantan Timur dan Dewinda Ariani Trisna dari Jawa Timur.

Di sisi lain, Jawa Barat juga menunjukkan performa yang baik di laga final judo PON Aceh-Sumut. Selain menduduki posisi runner up di empat nomor pertandingan, tim Jawa Barat berhasil menyabet emas di nomor -60 kilogram putra melalui Muhammad Fathur Rohman dan di nomor -66 kilogram melalui Dewa Kadek Rama Warma Putra.

Baca juga: Nurul Akmal akan kembali ke pelatnas untuk persiapan SEA Games 2025
Baca juga: Sebanyak 264 atlet pencak silat bersaing rebut 22 emas PON Aceh-Sumut