Jakarta (ANTARA) - Mengecilkan perut selain menjaga asupan makanan, juga bisa diatasi dengan gerakan olahraga. Terdapat pilihan gerakan olahraga untuk membantu mengecilkan perut dengan membakar kalori dari lemak berlebih yang membuat buncit.

Pasalnya, kelebihan lemak di perut berpotensi menyebabkan berbagai masalah kondisi kesehatan tubuh. Pilihan gerakan olahraga untuk mengecilkan perut ini juga bisa dilakukan di rumah. Berikut beberapa gerakan olahraga yang bisa bantu mengecilkan perut:

1. Burpees

Burpees salah satu gerakan olahraga yang dapat membantu mengecilkan perut. Gerakan olahraga burpees membantu kerja jantung dan paru-paru, sekaligus membakar lemak berlebih dan membangun massa otot. Berikut cara melakukan gerakan olahraga burpees, melansir MedicalNewsToday:
• Berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu
• Jongkok perlahan-lahan sambil membawa kedua tangan di depan tubuh
• Turunkan tangan ke lantai
• Lompatkan kaki ke depan untuk melanjutkan posisi jongkok
• Bangkit untuk berdiri
Untuk pemula, dapat memulai dengan 2 set burpees yang terdiri dari 10-15 pengulangan dan istirahat selama 30-60 detik setelah setiap set.

2. Plank

Plank salah satu gerakan olahraga yang populer dan mudah dilakukan untuk mengecilkan perut. Plank melibatkan otot-otot yang menghubungkan tulang belakang dan panggul otot perut bagian atas, otot perut bagian bawah. Bahkan gerakan olahraga plank dapat membakar lebih banyak kalori daripada latihan perut lainnya, karena melibatkan lengan, kaki, dan punggung.

Gerakan plank dengan melakukan posisi tengkurap dengan lengan bawah sejajar dengan lantai, menumpukan badan pada lengan bawah dan jari-jari kaki dalam satu garis lurus. Lalu, angkat badan dan pinggul hingga posisinya sejajar dari kepala hingga ujung kaki. Tahan posisi tersebut selama 10–30 detik dan ulangi sebanyak 3–5 kali.

3. Leg raises

Leg raises salah satu gerakan olahraga yang melibatkan otot-otot, seperti otot punggung bawah, otot perut bagian atas, otot perut bagian bawah, paha depan, otot paha belakang.

Gerakan leg raises dimulai berbaring telentang dengan kaki lurus ke depan, kemudian angkat kaki perlahan-lahan yang diluruskan ke arah langit-langit. Kemudian libatkan otot inti, turunkan kaki perlahan-lahan sejauh mungkin tanpa membiarkannya beristirahat di lantai.

Lalu angkat kaki perlahan-lahan yang diluruskan kembali ke arah langit-langit. Lakukan 3 set dengan masing-masing 10 kali pengulangan.

4. Jump Squat

Jump squat salah satu gerakan olahraga kardio yang dapat membantu mengecilkan perut dan meningkatkan detak jantung. Gerakan olahraga ini melatih paha depan, paha belakang, dan otot pantat.

Pertama mulai dalam posisi jongkok, pastikan kaki selebar bahu. Pastikan Anda melibatkan otot inti dan dorong seluruh kaki untuk melompat ke atas. Kemudian kembali mendarat dalam posisi jongkok.

5. Jumping Jacks

Gerakan olahraga jumping jacks hampir mirip dengan gerakan burpees cukup dengan meloncat di tempat sambil membentangkan kedua lengan. Jumping jack dapat membantu melancarkan aliran darah ke otot, meningkatkan detak jantung dan membakar lemak sepanjang hari.

Gerakan jumping jacks dimulai berdiri dengan kedua kaki rapat dan tangan di samping tubuh. Aktifkan otot inti Anda dan lompatkan kaki ke samping sambil mengangkat tangan ke atas. Kembali ke posisi awal dengan melompat dan kembalikan lengan ke samping. Lanjutkan dengan gerakan cepat.

6. Bicycle Crunches

Sit-up sepeda atau bicycle crunches salah satu gerakan olahraga yang dapat mengurangi lemak di perut. Gerakan ini membantu mengencangkan otot perut dan pinggang. Berikut cara melakukan gerakannya:
• Mulai berbaring telentang, dengan jari-jari saling bertautan di belakang kepala. Angkat kepala dan bahu dari lantai, dan angkat lutut sehingga tepat di atas pinggul
• Putar tubuh untuk membawa siku kiri ke arah lutut kanan, dan rentangkan kaki kiri
• Tahan posisi ini selama 1-2 hitungan
• Sambil menarik napas, kembali ke posisi awal
• Ulangi pada sisi yang berlawanan
Lakukan 3 set dengan 12-20 pengulangan dan istirahat selama 30-60 detik setelah setiap set.