Jakarta (ANTARA) - Sebanyak empat tim meraih medali emas pada hari pertama pertandingan hapkido Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024 di GOR KONI Aceh, Banda Aceh, Selasa.

Pada nomor hoshinhul putra, pasangan asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Bayu Dwi Dedi Saputro dan Rafi Rajendra menjadi pemenang medali emas. Sedangkan medali perak menjadi milik pasangan atlet Jawa Barat (Jabar) Varrell Ibnu Farras dan Ramaditya Wiradhika.

Medali perunggu nomor ini diraih oleh dua pasangan, yakni Fatur Rohman Mudia dan Yosafat Alfamasale asal Lampung dan Revaldo Andhika dan Mutatha Hibbanu asal Jawa Tengah.

Pada nomor hoshinhul putri, medali emas juga diraih oleh pasangan DIY Davinia Marvella Marsianus dan Puspa Agustin. Medali perak menjadi milik pasangan Jabar Salwa Nazhira dan Nadya Wycita Cyma.

Adapun medali perunggu juga menjadi milik dua pasangan, yakni Berlian Chandra Kirana dan Tiara Chandra Kirani asal Lampung dan Cassie Angeline Tanjaya serta Julia Sinta asal Kepulauan Riau.

Untuk nomor hoshinhul terbuka/freestyle, medali emas juga diraih oleh pasangan DIY yakni Awwabin Raihan dan Ihtifazhuddin Alhafizh. Sedangkan pasangan Jabar Made Dhamma Varo dan Salwa Nazhira memenangi medali perak.

Medali perunggu didapat oleh dua pasangan, yakni Ida Ayu Cinthya Dewi dan Nia Wulandari asal Lampung dan Jefri Antoni Handoko dan Andriansyah Agus Saputra asal Jawa Tengah.

Untuk nomor daeryun kelas 62-72 kilogram putri, atlet Sulawesi Utara (Sulut) Glorya Venaya Emely Muntu menjadi juara setelah menang 6-4 atas Ledy Devega Sagala asal Sumatera Utara pada pertandingan final. Glorya pun berhak atas medali emas, sedangkan Ledy meraih medali perak.

Medali perunggu kelas ini dimenangi oleh dua atlet, yakni Nadira Adilawati asal Sumatera Barat dan Mei Handayani asal Jateng.

Baca juga: Aceh sabet medali emas di dua nomor laga muaythai

Untuk nomor daeryun kelas 59-63 kilogram putri, Devi Safitri memenangi pertandingan final atas Jenifer Priscila Mamoto dengan skor 13-10. Devi yang berasal dari Kalimantan Barat pun memenangi medali emas, sedangkan Jenifer asal Kalbar berhak atas medali perak.

Dua medali perunggu diberikan kepada Kintan Armianata Dewi asal Jateng dan Mozandra Amarelvia Dewantari asal Lampung.

Medali emas nomor daeryun kelas +84 kg putra direbut oleh atlet Bangka Belitung Erwin Syah yang menang 6-4 atas wakil Jateng Giantoro di laga final. Giantoro pun berhak atas medali perak.

Sedangkan Muhammad Rifan asal Sulawesi Tenggara dan Yohanes Agung Budiman asal DIY, masing-masing mendapatkan medali perunggu.

Baca juga: IPSI: Semua peraih emas PON bakal dikirim ke kejuaraan di Abu Dhabi
Baca juga: Nurul Akmal pertahankan emas angkat besi kelas +87 kg putri