Jakarta (ANTARA) - Beragam pilihan olahraga di rumah saat ini banyak dilakukan masyarakat, diantaranya yoga, aerobik, hingga latihan beban di rumah. Begitu pula dengan penggunaan alat olahraga yang ikut serta melekat di dalamnya.

Memiliki alat olahraga sendiri di rumah bisa menjadi alternatif bagi sebagian orang yang ingin olahraga namun terbatas dengan waktu. Dengan memiliki alat olahraga di rumah, punya keuntungan tersendiri karena dapat dilakukan kapan saja dan hemat biaya.

Berikut rekomendasi beberapa alat olahraga yang praktis dan bisa ditempatkan di mana saja untuk digunakan di rumah.

1. Matras yoga

Matras yoga sebagai salah satu alat olahraga di rumah yang memiliki banyak manfaat, seperti membantu menjaga pijakan kaki tetap stabil, mencegah tergelincir, dan melindungi tubuh dari benturan.

Alat yang terbuat dari karet ini digunakan untuk alas olahraga yoga, senam lantai atau melakukan latihan beban tubuh seperti push up atau plank. Selain itu, harganya juga cukup terjangkau mulai dari Rp50.000 bisa dibeli di toko maupun secara daring di lokapasar.

2. Gym ball

Gym ball dapat menjadi salah satu pilihan alat olahraga di rumah. Alat yang berbentuk bola terbuat dari bahan karet atau plastik yang lentur ini mudah digunakan dan bisa digunakan untuk latihan kekuatan otot lengan, kaki, punggung, dan perut. Dengan alat ini, Anda dapat melakukan berbagai gerakan olahraga seperti senam lantai, squat, bahkan senam untuk ibu hamil.

3. Dumbbell

Dumbbell bisa menjadi salah satu pilihan alat olahraga di rumah untuk latihan beban. Alat seukuran genggaman tangan ini berfungsi untuk melatih otot bahu, bisep, trisep, dan dada. Dumbell memiliki bobot yang berbeda-beda mulai dari 1 kg, pilihlah yang sesuai kebutuhan Anda. Jika ingin latihan ringan, Anda bisa memilih dumbel dengan berat 2-5 kg.

4. Tali skipping

Tali skipping alat olahraga untuk lompat tali yang bisa dilakukan di rumah. Tali skipping relatif murah dan mudah ditemukan di toko olahraga atau lokapasar. Lompat dengan menggunakan tali skipping juga bermanfaat untuk melatih kekuatan otot lengan, bahu, kaki, serta dapat membakar kalori. Melakukan lompat tali selama selama 20 menit bisa membakar sekitar 220 hingga 270 kalori untuk mendorong menurunkan berat badan.

5. Pull up bar

Pull up bar salah satu alat olahraga untuk mengangkat badan. Alat olahraga ini ada dua jenis pull, yaitu door chinning bar for pull up yang bisa dipasang di pintu rumah dengan mudah dan pull up bar chin up yang bisa dipasang di tembok rumah.

Berolahraga dengan pull-up bar bermanfaat untuk melatih otot punggung, dada, dan bahu. Pastikan memasangnya pada ketinggian yang membuat Anda perlu melompat untuk mencapainya, dengan kaki dalam posisi menggantung.

6. Kettlebell

Kettlebel bisa menjadi salah satu alat olahraga yang ada di rumah. Alat olahraga ini terbuat dari besi dengan bobot 2–50 kg berbentuk seperti bola dengan pegangan agar mudah digenggam. Kettlebell digunakan untuk melakukan variasi gerakan olahraga, seperti squat, overhead presses, dan deadlift.

7. Resistance band

Resistance band salah satu alat olahraga berbentuk tali elastis yang dapat digunakan untuk melatih kekuatan kaki, perut, punggung, dada, bahu, serta untuk latihan beban di rumah.