Medan (ANTARA) - Wakil Jawa Timur Gladies Lariesa Garina Hagakore kembali tampil dominan dalam persaingan loncat indah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara.

Kali ini, atlet 18 tahun itu meraih emas ketiga setelah menjadi yang terbaik pada nomor menara putri di Kolam Renang Selayang, Medan, Sumatera Utara, Selasa.

Gladies mendapat nilai tertinggi 238,15 dalam lima kali loncatan yang semuanya dilakukan di ketinggian 10 meter.

Pada loncatan pertama, dia menampilkan jenis loncatan inward dive (melompat ke belakang dengan rotasi ke depan) dengan 2,5 somersaults dalam posisi pike. Hasilnya dia mendapatkan nilai 50,40.

Kemudian dia melakukan loncatan forward dive (loncatan ke depan) dengan 3,5 somersaults dalam posisi pike yang menghasilkan 54,00.

Atlet loncat indah Jawa Timur Gladies Larie Garina Hagakore (kanan)-Linar Betiliana (kiri) berpose saat penyerahan medali Loncat Indah nomor Synchro Menara Putri PON XXI Aceh-Sumut di Kolam Renang Selayang Dispora Sumatera Utara, Medan, Senin (9/9/2024). Medali emas Loncat Indah nomor Synchro Menara Putri diraih Jawa Timur dengan skor 216,06, dan medali perak diraih DKI Jakarta dengan skor 201,18, sedangkan medali perunggu diraih Jawa Barat dengan skor 159,78. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/rwa. (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)
Pada loncatan ketiga, Gladies sukses memukau penonton dan hakim yang bertugas dengan loncatan backward dive (loncatan ke belakang) dengan 2,5 somersaults dalam posisi pike. Dia mendapat nilai tertinggi dibanding dengan loncatan lainnya yakni 58,00.

Dua loncatan berikutnya Gladies masing-masing melakukan dengan jenis reverse dive (melompat ke depan dengan rotasi ke belakang) dengan 2,5 somersaults dalam posisi tuck dengan nilai 42,00 dan menutupnya dengan armstand back dive (loncatan dari posisi berdiri dengan tangan) dengan 2 somersaults dalam posisi tuck dengan nilai 33,75.

Hasil ini menobatkannya sebagai peraih medali emas mengalahkan rekan satu kontingen di Jawa Timur Della Dinarsari Harimurti yang pulang dengan perak usai mendapat 196,25.

Baca juga: Gladies dan Della buka persaingan medali loncat indah untuk Jatim

Bagi Jawa Timur, prestasi tersebut mengulang pencapaian di PON 2021 Papua ketika itu Gladies dan Della juga meraih pencapaian serupa.

Adapun pada PON 2024, perunggu menjadi milik wakil Kalimantan Selatan Siti Kinasih yang membukukan nilai 173,95.

Bagi Gladies, ini merupakan emas ketiganya di pesta olahraga terbesar di Indonesia edisi ke-21 tersebut.

Sebelumnya pada nomor sinkronisasi juga meraih prestasi serupa masing di nomor sinkronisasi papan 3 meter putri bersama Linar Betiliana dan Della di nomor sinkronisasi menara putri.

Baca juga: Loncat indah - Gerakan Gladies-Linar selaras berkat persiapan matang