Jakarta (ANTARA) - Berolahraga dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari meningkatkan stamina, memperkuat sistem imun, hingga menjaga kesehatan mental. Namun, masih banyak yang bertanya-tanya terkait kapan waktu yang tepat untuk berolahraga agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

Pada dasarnya, berolahraga di waktu kapan pun memberikan manfaat tersendiri bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Oleh karena itu, waktu terbaik untuk berolahraga adalah yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing setiap orang.

1. Olahraga pagi hari

Bagi Anda yang memiliki waktu luang di pagi hari, berolahraga di waktu ini bisa memberikan manfaat besar. Selain membuat Anda merasa lebih segar dan berenergi, olahraga pagi juga membantu memulai hari dengan hormon endorfin yang membuat Anda merasa lebih baik.

Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga pada pukul 7 pagi, dibandingkan dengan sore atau malam hari, dapat membantu seseorang mendapatkan tidur malam yang lebih berkualitas.

Selain itu, berolahraga di pagi hari dengan perut kosong dapat membantu membakar lebih banyak lemak. Ini bisa bermanfaat bagi mereka yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan. Namun, pastikan tubuh Anda sudah cukup terhidrasi dan melakukan pemanasan sebelum memulai olahraga.

2. Olahraga sore atau malam hari

Jika Anda tidak sempat berolahraga di pagi hari karena harus bekerja ataupun karena aktivitas lainnya, tidak perlu khawatir. Anda masih bisa mendapatkan manfaat besar dari berolahraga di sore atau malam hari.

Sebuah studi menemukan bahwa kemampuan tubuh untuk berolahraga mencapai puncaknya di sore hari. Suhu tubuh yang meningkat sepanjang hari membantu mengoptimalkan fungsi otot, kekuatan, aktivitas enzim, serta daya tahan tubuh, sehingga kinerja fisik juga meningkat.

Selain itu, berolahraga di sore hari bisa membantu mengembalikan fokus dan semangat setelah menjalani aktivitas seharian. Namun, disarankan untuk menghindari olahraga secara berlebihan di malam hari dan selesai 1-2 jam sebelum tidur, agar kualitas tidur tetap terjaga serta mencegah cedera pada sesi latihan berikutnya.

Dengan demikian, baik pagi maupun sore hari, keduanya memiliki manfaat tersendiri. Pilih waktu yang paling sesuai dengan kebutuhan dan rutinitas harian Anda dan hal yang terpenting adalah konsistensi Anda dalam melakukan olahraga.