Jakarta (ANTARA) - Berenang menjadi salah satu olahraga yang paling digemari, selain menyenangkan olahraga ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bila Anda merupakan seorang pemula yang sedang belajar renang, terdapat beberapa tahapan dalam latihan renang yang perlu Anda ketahui sebagai berikut:

1. Pemanasan

Seperti layaknya olahraga lainnya, renang pun memerlukan pemanasan. Apabila seorang langsung berenang tanpa melakukan pemanasan terlebih dahulu, kemungkinan akan terjadi resiko kecelakaan saat di dalam air. Karena itu, usahakan untuk melakukan pemanasan sebelum berenang.

2. Masuk dan keluar dari air dengan hati-hati

Meski terlihat sepele, masuk dan keluar dari kolam renang dengan aman adalah salah satu keterampilan renang dasar pertama yang harus dipelajari oleh siapapun yang ingin melakukan olahraga ini.

Dengan memperhatikan hal itu, Anda bisa menghindari risiko terpeleset yang mengakibatkan terjadinya cedera. Selain itu sangat penting untuk mengetahui cara cepat keluar dari kolam renang, apakah itu menggunakan tangga atau menarik diri sendiri ke atas dan ke luar di area kolam yang tidak memiliki tangga.

3. Latihan pernapasan

Meskipun sering diabaikan, latihan pernapasan yang benar adalah salah satu keterampilan berenang yang paling penting dan dibutuhkan setiap orang untuk bertahan hidup di dalam air. Langkah-langkah untuk latihan pernapasan adalah sebagai berikut:
  • Turunlah ke kolam renang bagian pinggir dengan berpegangan.
  • Masukkanlah kepala ke dalam air untuk beberapa saat lamanya.
  • Miringkanlah kepala Anda ke kanan atau ke kiri. Ketika kepala dimiringkan, maka saat itulah kesempatan Anda untuk mengambil napas lewat mulut.

4. Latihan untuk mengambang

Tahapan selanjutnya adalah mempelajari cara untuk mengapung dan menghentakkan kaki ke dasar air. Hal ini sangat penting untuk diketahui karena, apabila Anda tidak sengaja jatuh ke dalam air atau tidak dapat mencapai tepi kolam, mengetahui cara mengapung atau menapak di air dapat membantu Anda hingga seseorang datang untuk menolong.

Untuk mempelajari cara untuk mengambang di air, Anda bisa mencoba berlatih di kolam yang tidak terlalu dalam dan mintalah bantuan orang lain untuk mendukung bagian punggung Anda ketika mengapung.

5. Berlatih mengkoordinasikan anggota tubuh

Untuk berenang, semua bagian tubuh harus bekerja sama. Anda perlu menggerakkan bagian punggung bawah, perut, dan pinggul secara bersamaan agar bisa terus bergerak maju. Tangan Anda akan memotong air terlebih dahulu, diikuti oleh siku, lalu tubuh.

6. Berlatih untuk menendang

Mempelajari cara menendang juga merupakan keterampilan yang penting ketika berlatih renang. Untuk belajar cara menendang di air, Anda dapat berlatih menendang dengan berpegangan pada sisi kolam, membiarkan tubuh mengapung dan menendang sambil menjaga tubuh bagian atas tetap berada di atas air. Anda juga dapat menggunakan papan tendangan untuk menopang tubuh saat Anda terbiasa menendang dan bergerak maju di dalam air.

7. Berlatih gerakan renang dasar

Setelah menguasai hal-hal dasar terkait olahraga renang, Anda bisa mencoba beberapa gerakan renang yang mudah. Anda bisa mencoba berlatih gerakan dasar renang gaya bebas. Berikut adalah cara melakukannya:
  • Lakukanlah gerakan meluncur dengan sikap badan tertelungkup lurus, sejajar dengan permukaan air.
  • Rapatkanlah kedua tangan di samping telinga dengan lurus.
  • Gerakkanlah kaki ke atas dan ke bawah secara bergantian. Gerakan kaki dimulai dari pangkal paha.
  • Gerakkanlah tangan terus-menerus, perhatikan bahwa yang masuk ke air lebih dulu adalah ujung jari tangan.
  • Ingatlah pelajaran untuk mengambil napas. Ketika tangan ditarik ke belakang, maka posisi kepala cukup dimiringkan ke kanan atau ke kiri yang pada saat itu digunakan untuk bernapas melalui mulut.
Itulah beberapa tahapan untuk latihan berenang yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!


Baca juga: Yenny Wahid: PON ajang cari bibit atlet potensial

Baca juga: Daftar 10 pebasket terbaik 2024

Baca juga: Sejarah FIBA, induk olahraga bola basket dunia