Banda Aceh (ANTARA) - Pelatih DKI Jakarta Nolan Kao menyatakan protes kepada dewan juri yang memundurkan jadwal pertandingan semifinal cabang olahraga muaythai Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh Sumut 2024 beberapa kali sehingga merugikan anak asuhnya yang akan berlaga di Bale Meuseurah Aceh (BMA) Kota Banda Aceh, Minggu sore.

"Jadwal ini terlalu mundur, tadi katanya ada break 30 menit tapi ternyata pertandingan diundur hingga pukul 19.30 WIB," kata pelatih DKI Nolan di Banda Aceh, Minggu.

Ia menilai hal ini sangat merugikan atlet yang akan berlaga di pertandingan pertama semifinal.

Panitia pertandingan muaythai menggelar upacara penyerahan medali kelas seni pada Minggu siang dan dilanjutkan dengan lanjutan pertandingan laga perempat final di empat nomor yakni Elit kelas 54 Kg Putri, Elit kelas 57 Kg Putri dan Elit 60 Kg Putri.

Ada sembilan partai laga perempat final yang rampung dilaksanakan pukul 17.00 WIB dan panitia mengumumkan waktu istirahat 30 menit lalu dilanjutkan dengan partai semifinal.

"Katanya tadi tidak ada break usai laga perempat final tapi ternyata ada break lalu sekarang diundur lagi hingga malam hari," papar Nolan.

Ia mengatakan bahwa hal ini sangat berpengaruh terhadap stamina dan mental atlet yang memang sudah mempersiapkan diri untuk bertanding sejak siang hari.

" Di babak semifinal ini ada dua atlet DKI yang akan bertanding dan kami merasa dirugikan," kata dia.

Baca juga: Muaythai rampungkan pertandingan perempat final laga putri PON 2024

Protes juga dilayangkan pelatih Jawa Timur yang mempersoalkan masa istirahat pemulihan bagi atlet karena harus bertanding dua kali dalam satu hari.

"Atlet saya bertanding jam 16.00 WIB hari ini dan nanti malam harus bertanding lagi. Ini yang kami pertanyakan ke dewan juri," kata pelatih muaythai Jawa Timur Soldier of Fortuna.

Ia mengatakan bahwa federasi dunia IFMA menanggapi bahwa tidak ada aturan yang melarang atlet bertanding dua kali dalam satu hari.

"Selama Technical Delegate mengizinkan untuk bertanding maka bisa saja atlet menjalankan dua laga dalam sehari," kata dia

Ia menerima masukan dari federasi meski saat penataran dirinya mendapatkan ilmu bahwa jarak seorang atlet bertanding satu laga ke laga lainnya 12 jam.

"Kami menerima kebijakan ini dan cuma berfikir hanya recorvery atlet saja," kata dia.

Babak semifinal cabang olahraga muaythai akan digelar pada Minggu malam pukul 19.30 WIB di Bale Meuseuraya Aceh (BMA) Kota Banda Aceh.

Baca juga: Tiga sekawan persembahkan medali emas muaythai untuk tuan rumah

Baca juga: Perdana ikut PON, kakak adik ini raih medali emas kelas seni muaythai