Washington (ANTARA News) - Gedung Putih memperingatkan Rusia bahwa pihaknya akan mengevaluasi apakah Moskow menghormati perjanjian yang baru dicapai di Jenewa yang dirancang untuk meredakan ketegangan di Ukraina.

Penasehat Keamanan Nasional Susan Rice mengatakan Moskow mesti bertindak cepat dalam mengendalikan kelompok separatis pro-Rusia dan mengizinkan Organisasi bagi Keamanan dan Kerjasama Eropa (OSCE) memonotir wilayah itu.

"Kami berharap dan akan terus mengikuti apakah Russia memenuhi atau tidak tanggung jawabnya dalam menggunakan pengaruh besarnya untuk meredakan dan menarik milisi ireguler itu dari gedung-gedung dan ruang-ruang yang mereka kuasai," kata Rice seperti dikutip AFP.

Rice mengatakan sanksi baru kepada Rusia akan tergantung pada bagaimana Rusia menghormati kesepakatan Jenewa.

Peringatan Rice ini muncul setelah Rusia marah atas serangkaian peringatan AS terdahulu, termasuk dari Presiden Barack Obama, yang mengingatkan negara itu akan menghadapi sanksi baru jika melanggar kesepakatan Jenewa yang dicapai Kamis lalu.

"Jika mereka tak mengambil langkah-langkah, maka akan ada konsekuensinya," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Jen Psaki seperti dikutip AFP.