Tianjin Port Group Co., Ltd.


Tianjin, China, (ANTARA/Xinhua-AsiaNet) - Pada 28 Agustus, "Ganghangping 5," sebuah platform instalasi turbin angin lepas pantai yang dapat bergerak sendiri dan memiliki kemampuan jack-up (pengangkatan) dengan ketinggian elevasi tertinggi di China, kapasitas angkat komprehensif terkuat, dan kaki pancang terpanjang, berhasil dikirimkan di kota pelabuhan Qingdao, China timur.




Dengan panjang 135 meter dan lebar 50 meter, kapal ini memiliki berat sekitar 29.000 ton ketika kosong. Kapasitas angkat maksimumnya adalah 1.800 ton dan dapat beroperasi di kedalaman air lebih dari 70 meter. Tinggi elevasi di atas dek mencapai 168 meter.




Sebagai platform instalasi turbin angin lepas pantai jack-up dan self-propelled generasi keempat di China, platform ini memiliki kaki pancang sepanjang 135 meter dengan sistem jack-up. Tinggi elevasi crane di atas permukaan air melebihi 200 meter, sekali lagi memecahkan rekor untuk ketinggian elevasi di antara platform sejenis.




Kapal ini juga merupakan platform instalasi turbin angin pertama di China yang dilengkapi dengan sistem kapal cerdas, yang memungkinkan desain dan optimasi rute serta kecepatan, manajemen efisiensi energi cerdas, dan platform integrasi cerdas.




Selain itu, kapal ini mampu melakukan pemantauan komprehensif dan manajemen cerdas, sehingga meningkatkan efisiensi instalasi turbin angin sekitar 20 persen.




Platform ini juga dilengkapi dengan sistem energi hijau yang mengombinasikan angin dan matahari, yang menyediakan pasokan listrik yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari.




Dibuat oleh Tianjin Changer Engineering Co., Ltd., anak perusahaan dari Tianjin Port (Group) Co., Ltd., kapal ini dapat memenuhi persyaratan operasi turbin angin terbesar di dunia dengan kapasitas 26MW.




Kapal ini mampu membawa dua set turbin angin 20MW secara bersamaan dan memiliki operasi terintegrasi untuk transportasi, penyimpanan, dan instalasi turbin angin. Kapal ini juga memiliki kemampuan navigasi di perairan terbuka. Setelah dikirimkan, kapal ini akan mampu melakukan operasi di daerah laut dalam.




Sebagai perusahaan terkemuka yang menjadi salah satu yang pertama memasuki bidang konstruksi tenaga angin lepas pantai di China, pabrik ini secara aktif mempraktikkan konsep inovasi dan pengembangan hijau.




Secara total, Tianjin Changer Engineering Co., Ltd. telah melaksanakan 56 proyek tenaga angin lepas pantai di sepanjang pantai China, seperti proyek tenaga angin lepas pantai pondasi monopile besar pertama di China yang terletak di Kabupaten Rudong, Provinsi Jiangsu.




Proyek-proyek ini melibatkan instalasi lebih dari 700 turbin angin dengan kapasitas terpasang kumulatif yang melebihi 6GW, yang menyumbang lebih dari seperenam kapasitas tenaga angin lepas pantai yang terhubung secara domestik di China.




Perusahaan ini telah mencapai lebih dari 150 pencapaian, metodologi, dan paten internasional dan domestik yang terkemuka di bidang ini, yang secara luas diterapkan dalam industri. Selain itu, perusahaan ini telah dianugerahi berbagai penghargaan kualitas teknik nasional serta penghargaan kualitas teknik tingkat provinsi dan kementerian.










Sumber: Tianjin Port Group Co., Ltd.