Haikou (ANTARA) - Wakil Perdana Menteri China Zhang Guoqing menekankan pentingnya peningkatan pengembangan berkualitas tinggi di sektor penerbangan antariksa komersial untuk memberikan kontribusi lebih baik terhadap kekuatan produktif baru yang berkualitas dan modernisasi China

Zhang, yang juga anggota Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis China, menyampaikan pernyataan tersebut saat melakukan tur inspeksi di Provinsi Hainan dari Jumat hingga Minggu.

Dalam kunjungan tersebut, Zhang mengunjungi pusat layanan industri Wenchang International Aerospace City, yang merupakan platform informasi dan layanan satelit pengindraan jauh di Provinsi Hainan, serta situs peluncuran wahana antariksa komersial Hainan.

Zhang menekankan perlunya mempromosikan penelitian mengenai teknologi inti utama satelit dan roket komersial, mendukung teknologi mutakhir dan inovasi disruptif, mendorong integrasi mendalam rantai inovasi dan rantai industri, serta mempromosikan transformasi dan penerapan pencapaian ilmiah dan teknologi.

Berbagai upaya, kata Zhang, harus dilakukan untuk terus mendorong pembangunan situs peluncuran wahana antariksa komersial, mengoptimalkan proses operasional dan manajemen, serta terus meningkatkan kapabilitas dan efisiensi peluncuran wahana antariksa komersial dengan berfokus pada pemenuhan kebutuhan peluncuran di masa mendatang.

Ia mengungkapkan bahwa sistem pengawasan keselamatan harus ditetapkan dan ditingkatkan guna mencakup siklus hidup penuh penelitian, produksi, pengujian, peluncuran, pelacakan, telemetri, dan komando (tracking, telemetry, and command/TTC), operasional, serta pemeliharaan untuk penerbangan antariksa komersial. Selain itu, Zhang juga menuturkan bahwa sektor tersebut harus memastikan semua mata rantai aman dan terkendali, sehingga dapat mendukung pengembangan berkualitas tinggi penerbangan antariksa komersial dengan tingkat keselamatan yang tinggi.