Manado (ANTARA) -
Sebanyak 198 atlet Sulawesi Utara (Sulut) akan berlomba di 34 cabang olahraga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh-Sumatera Utara yang rencananya dibuka Presiden Jokowi pada 9 September 2024.

"Menurut saya persiapan sudah terbaik. Saya sampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran olahraga yang telah bahu-membahu mempersiapkan sarana dan prasarana termasuk teknis dan non teknis," kata Wakil Gubernur Steven Kandouw di Manado, Senin.

Menurut dia, proses pelatihan tidak akan mengkhianati hasil sehingga diharapkan para atlet mentransformasi apa yang diperoleh selama berlatih terpusat kurang lebih dua bulan.

"Mencapai finis, harus disiapkan matang. Semua masuk kategori bagus, beberapa bahkan melewati ambang batas, beberapa sangat tinggi," ujar Wagub Steven.

Semua bertekad bahwa hajatan PON kali ini adalah PON prestasi, sehingga diharapkan atlet menunjukkan prestasi selama berlomba.

"Ada bonus yang disiapkan. Mari berprestasi," ajaknya.

Wagub berharap, selama berlomba menanamkan rasa kita bisa sehingga mental bertanding, mental pemenang harus dipersiapkan mulai sekarang.

"Kita harus jauh lebih baik dari PON sebelumnya. Kalau tahun sebelumnya kita memperoleh empat medali emas, kita harus lebih baik. Kita harus menjaga kekompakan tim menjaga sportivitas. Kita boleh berambisi, tapi harus menjunjung sportivitas," harapnya.

Wagub juga mengingatkan, tetap menjaga nama baik Sulawesi Utara, selain berprestasi tapi juga berbudi luhur dan memiliki hati dan moral yang baik sehingga tidak melakukan hal-hal yang merusak nama baik.

Baca juga: KONI: PON XXI Aceh-Sumut 2024 dibuka dan ditutup Presiden Jokowi
Baca juga: Kontingen PON XXI Sulut dilindungi BPJAMSOSTEK
Baca juga: Berpacu dengan waktu selesaikan pembangunan arena PON di Sumut