Jakarta (ANTARA) - Memilih model rambut yang tepat dan sesuai dengan bentuk wajah bisa membuat penampilan Anda semakin menarik dan menumbuhkan rasa percaya diri.

Sebelum memilih potongan rambut berdasarkan bentuk wajah, Anda harus mengenali bentuk wajah terlebih dahulu. Setidaknya terdapat enam bentuk wajah yakni oval, bulat, persegi, berlian, persegi panjang dan bentuk hati.

Faktor-faktor penentu dari bentuk wajah adalah dahi, tulang pipi serta rahang. Berikut adalah model rambut yang sesuai dengan bentuk wajah dan bisa menjadi inspirasi Anda:

1. Bentuk wajah oval

Bentuk wajah oval biasanya terlihat sedikit lebih panjang daripada lebar, dan dahi menjadi bagian terlebar.

Bentuk wajah oval cocok dengan hampir semua gaya rambut, dan yang paling bagus adalah model rambut long layers, butterfly cut dan side-swept pixie.

Contoh model rambut butterfly cut:


2. Bentuk wajah kotak

Untuk bentuk wajah kotak, Anda dapat mempertimbangkan potongan rambut yang dapat memberikan kesan melembutkan tepi di sekitar dahi dan garis rahang yang kuat. Pilihan yang bisa Anda pertimbangkan adalah seperti potongan rambut wavy shags, soft side-swept bangs, long layers dengan poni fringe.

Contoh model rambut soft side-swept bangs:

3. Bentuk wajah bulat

Bentuk wajah bulat sangat cocok dengan potongan long bob (bob panjang), model potongan itu dapat memanjangkan wajah secara visual.

Selain bob panjang, wajah bulat cocok dengan potongan yang memanjang, seperti rambut lurus panjang, shaggy cut dan poni yang panjang.

Contoh model rambut long bob:

4. Bentuk wajah berlian

Bagi Anda yang memiliki bentuk wajah berlian, Anda bisa memilih potongan rambut yang dapat memamerkan tulang pipi yang tinggi.

Anda bisa memiliki rambut yang dipotong pendek atau rambut panjang dengan poni yang membingkai wajah.

Contoh rambut berponi untuk wajah berlian:

5. Bentuk wajah persegi panjang

Bentuk wajah persegi panjang cocok dengan potongan rambut yang memberikan kesan melembutkan bagian dari dan rahang yang kuat seperti potongan long layer dengan poni.


6. Bentuk wajah hati

Wajah berbentuk hati, terlihat bagus dengan potongan wavy layer dengan curtain bangs dan potongan bob sepanjang dagu dengan poni. Kunci dari potongan rambut pada bentuk wajah ini adalah poni yang dapat menciptakan ilusi dahi yang lebih kecil.

Contoh model rambut curtain bangs: