Penajam Paser Utara (ANTARA) - Pekerja konstruksi Ibu Kota Nusantara (IKN) antusias berdiri tegak hormat bendera ketika menyaksikan pengibaran Bendera Merah Putih pada upacara kemerdekaan yang digelar di Istana Garuda Kota Nusantara, ibu kota baru Indonesia melalui televisi di kantin hunian pekerja konstruksi (HPK).

Pantauan ANTARA, Sabtu, sekitar pukul 09.00 WITA, satu persatu maupun berkelompok, mereka berdatangan dan duduk di bangku kantin HPK langsung menghadap ke televisi yang ada di kantin itu menanti dimulainya upacara kemerdekaan di Istana Garuda.


Para pekerja antusias menyaksikan satu persatu rangkaian upacara kemerdekaan di Istana Garuda melalui televisi sambil menyantap makanan dan minuman yang mereka pesan di kantin HPK.

Nampak tidak ada satu pun pekerja yang beranjak walaupun makanan dan minuman yang mereka pesan sudah habis, bahkan ada beberapa pekerja membeli lagi makanan dan minuman sambil terus menyaksikan siaran langsung upacara kemerdekaan di Istana Garuda.

"Kami ingin lihat upacara kemerdekaan di Istana Garuda, walau nonton di televisi," celetuk salah satu pekerja konstruksi IKN, Kusno, saat menyaksikan upacara melalui televisi di kantin HPK.
"Hari ini pekerjaan dihentikan, dan ingin lihat upacara kemerdekaan, kami bangga walau hanya nonton upacara dari televisi," tambah Nurdin pekerja konstruksi IKN lainnya yang ikut menonton siaran langsung upacara di televisi kantin HPK.

Sekitar pukul 11.00 WITA, dengan suasana tergambar di televisi dengan suara lengkingan sirene terdengar dari penyuara televisi, para pekerja konstruksi di kantin HPK yang semula berbincang langsung hening mengikuti detik-detik proklamasi.


Ketika terlihat Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) dengan suara derap langkah seirama dan mantap terdengar dari penyuara televisi, suasana di kantin HPK semakin hening dan nampak para pekerja konstruksi IKN semakin antusias menyaksikan pengibaran bendera.

Setelah terdengar suara pekikan tegas komandan upacara dengan kalimat hormat bendera gerak dari penyuara televisi, pada pekerja antusias langsung berdiri tegak hormat bendera dan di kantin HPK penuh dengan nyanyian lantang Indonesia Raya yang keluar dari mulut para pekerja.

Setelah bendera Merah Putih berada di pucuk tiang, para pekerja kembali duduk bertahan, para pekerja meninggalkan kantin saat terlihat di layar televisi rangkaian upacara kemerdekaan usai.

"Kami juga bangga, walau bukan ikut dalam pekerjaan istana, tapi kami setidaknya ikut kerja bangunan laninya di Kota Nusantara," ujar Junaidi, pekerja konstruksi IKN lainnya saat akan kembali ke rusun HPK usai menonton siaran langsung upacara kemerdekaan di televisi kantin HPK itu.
Baca juga: Pekerja konstruksi terpantau hadiri HUT RI di Istana Negara IKN
Baca juga: Pekerja IKN diberi pelatihan saat pekerjaan dibatasi jelang HUT RI
Baca juga: Pekerja konstruksi IKN nobar "Agak Laen" di malam akhir pekan