Jakarta (ANTARA) - Meskipun kucing terkenal sebagai hewan yang suka pilih-pilih makanan, namun jangan berasumsi bahwa hal itu adalah satu-satunya alasan kucing Anda tidak mau makan.

Kucing yang tiba-tiba tidak mau makan sering kali merupakan pertanda adanya masalah yang serius. Terdapat beberapa alasan yang umum yang menyebabkan kucing tidak mau makan sebagai berikut:

1. Merasa sakit saat makan

Kucing yang mengalami sakit gigi seperti terjadi infeksi atau cedera, abses, gigi patah, tumor mulut, atau masalah peradangan lainnya, akan membuat mereka menghindari makan karena rasa sakit yang dialami ketika makan.

2. Gangguan pencernaan

Kucing bisa mengalami gangguan pencernaan apabila mereka memakan sesuatu yang tidak seharusnya. Penyebab gangguan pencernaan lainnya adalah benda asing seperti tumor atau benda yang tertelan yang dapat menyebabkan muntah atau diare. Hal tersebut akan membuat kucing menjadi tidak mau makan.

3. Penyakit ginjal

Penyakit ginjal adalah salah satu penyakit yang paling umum terjadi pada kucing, terutama pada kucing yang sudah tua. Ketika kucing menderita sakit ginjal mereka akan sulit makan, karena hal tersebut akan menyebabkan kucing merasa sangat mual.

4. Stres

Seperti halnya manusia, kucing juga bisa merasa stres dan hal itu bisa membuat mereka tidak nafsu makan. Beberapa alasan yang menyebabkan kucing menjadi stres biasanya karena suara-suara bising, kembang api, petir dam perubahan lingkungan.


5. Penyakit pernapasan

Masalah pernapasan dapat mempengaruhi indera penciuman atau kemampuan kucing Anda untuk bernapas sehingga menyebabkan hilangnya nafsu makan. Masalah pernapasan ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang memerlukan perawatan dasar, tetapi dapat juga disebabkan oleh kanker.

Hal yang bisa dilakukan jika kucing tidak mau makan

Jika kucing Anda tidak mau makan berikut adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan:
  • Berikan mereka makanan kaleng atau makanan basah dan makanan yang berbau kuat seperti makanan laut adalah pilihan yang baik.
  • Jaga kebersihan mangkuk makanan dan air minum kucing Anda. Mangkuk baja tahan karat mudah dibersihkan dan di disinfeksi.
  • Cobalah untuk membasahi makanan padat mereka dengan air dari ikan kaleng.
  • Berikan suplemen nutrisi kepada kucing Anda seperti yang direkomendasikan oleh dokter hewan.
  • Hangatkan makanan secara perlahan di dalam microwave atau dengan air hangat.
  • Karena stres bisa menjadi penyebab kucing tidak mau makan, pastikan lingkungan kucing Anda aman dan tempat makannya berada di area yang tenang.

Baca juga: Makanan kucing, lebih baik kering atau basah?

Baca juga: Waktu dan fase kehamilan kucing yang harus Anda ketahui

Baca juga: Usia harapan hidup kucing dan anjing di Indonesia di bawah enam tahun