Jakarta (ANTARA) - Saat ini terdapat banyak produk-produk makanan kucing yang dijual di pasaran. macam-macam makanan kucing dari yang bertekstur keras, ataupun lembut dan kering hingga basah mungkin membuat Anda merasa sulit untuk mengetahui makanan mana yang paling cocok untuk kucing Anda.

Sebelum Anda memilih makanan untuk kucing Anda, penting untuk memulai dengan hal-hal mendasar sebagai berikut:
  • Selalu pilih makanan kucing yang mengandung semua nutrisi yang mereka butuhkan dalam satu sumber makanan.
  • Pilihlah merek yang sudah tersertifikasi BPOM.
  • Memilih makanan kucing sesuai dengan usianya.
  • Tidak memberikan kucing camilan yang berlebihan.

Untuk memudahkan dalam memilih makanan untuk kucing Anda, berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari jenis-jenis makanan kucing:

1. Makanan kering atau dry cat food

Kelebihan

Kelebihan dari makanan kering adalah makanan ini memiliki masa simpan yang lama dalam kemasannya, dan setelah kemasannya dibuka, makanan ini dapat tetap segar selama beberapa minggu.

Beberapa produk makanan kucing kering juga memiliki klaim bermanfaat bagi kesehatan mulut dan dapat membantu mencegah atau mengurangi penumpukan karang gigi pada kucing.

Kekurangan

Dry cat food memiliki kadar air yang sangat rendah sehingga Anda harus memperhatikan asupan air mereka untuk memastikan kucing Anda tidak dehidrasi.

Dry food juga mudah ter oksidasi apabila kemasan sudah dibuka, hal itu dapat mempengaruhi konsentrasi nutrisi makanan tersebut.

2. Makanan kaleng atau wet cat food

Kelebihan

Makanan kucing kaleng mengandung banyak air yang dapat membantu meningkatkan asupan air bagi kucing Anda.

Wet cat food biasanya memiliki aroma yang lebih kuat dibandingkan dry food, hal itu dapat meningkatkan nafsu makan kucing Anda dan wet cat food juga bisa Anda gunakan untuk dicampurkan dengan vitamin atau obat apabila kucing Anda sedang dalam masa pengobatan.

Kekurangan

Makanan kucing kaleng biasanya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan makanan kucing yang kering. Selain itu karena kandungan airnya tinggi, wet cat food harus disimpan di lemari es setelah dibuka untuk menghindari kebusukan. Makanan ini juga tidak bisa tetap segar untuk waktu yang lama setelah dipindahkan dari kaleng ke piring makanan.

Itulah kekurangan dan kelebihan dari jenis-jenis makanan kucing. Anda juga bisa mengkombinasikan kedua jenis makanan tersebut supaya kucing Anda terbiasa dengan keduanya.

Baca juga: Dokter beri tips pilih makanan kering yang baik untuk anabul tersayang

Baca juga: Perhatikan asupan makanan kucing agar tetap sehat dan hidup lama

Baca juga: Selain tulang, makanan ini pantang diberikan kepada kucing dan anjing