Fuzhou (ANTARA) - Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (National Development and Reform Commission/NDRC) China, selaku badan perencana ekonomi utama di negara itu, pada Kamis (15/8) menetapkan sejumlah tugas penting yang akan dilakukan dalam melestarikan lingkungan ekologis.

NDRC akan bertindak untuk memajukan reformasi dalam konservasi ekologis dan mempromosikan pembangunan hijau, rendah karbon, dan berkualitas tinggi, ujar Wakil Kepala NDRC Zhao Chenxin dalam sebuah acara yang digelar di Kota Sanming, Provinsi Fujian, China timur, dalam rangka memperingati Hari Ekologi Nasional.

Komisi itu akan bekerja secara aktif, namun dengan hati-hati, untuk mencapai target puncak karbon pada 2030 dan netralitas karbon pada 2060. NDRC juga akan meningkatkan berbagai upaya dalam melindungi lingkungan ekologis serta memperkuat kerja sama internasional dalam pembangunan hijau dan rendah karbon, imbuhnya.

NDRC akan menerapkan kebijakan fiskal, pajak, keuangan, investasi, dan penetapan harga serta standar untuk mendukung pembangunan hijau dan rendah karbon, kata Zhao.

Sementara itu, NDRC akan memperdalam kerja sama internasional terkait ekonomi sirkular, mendorong ekspor teknologi canggih, produk, standar, dan model bisnis untuk pembangunan hijau dan rendah karbon, serta secara aktif berpartisipasi dalam tata kelola iklim global, kata Zhao.

Tahun lalu, badan legislatif tertinggi China menetapkan tanggal 15 Agustus sebagai Hari Ekologi Nasional, dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan peran masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan.