Jakarta (ANTARA News) - "Tidak semua masalah bisa diselesaikan laki-laki,...". Itulah pesan yang disampaikan mantan presiden BJ Habibie dalam iklan layanan masyarakat (ILM) versi "Rapat" yang diluncurkan di Jakarta, hari ini.

Dalam iklan berdurasi 30 detik itu, divisualisasikan sekumpulan pria yang sedang melakukan rapat Komisi Kesejahteraan. Mereka membahas berbagai masalah yang berdampak pada keberadaan perempuan. Namun, rapat yang telah berlangsung lama itu tidak kunjung selesai. Hingga akhirnya muncul sosok mantan presiden BJ Habibie.

"Tidak semua masalah bisa diselesaikan laki-laki. Keterwakilan perempuan di DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota sangat penting untuk menyelesaikan masalah bangsa," ujar Habibie dalam iklan itu.

Tak lama, setelah Habibie, giliran Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar yang muncul dalam iklan. Ia menyatakan" Pilih Caleg Perempuan".

Menanggapi peluncuran iklan layanan masyarakat ini, Linda Amalia Sari Gumelar mengatakan, itu merupakan upaya Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak untuk mensosialisasikan dan membangun kesadaran publik terhadap pentingnya partisipasi dan keterwakilan perempuan di legislatif.

"Melalui ILM ini, kami ingin mengedukasi masyarakat tentang pentingnya memilih caleg perempuan pada pemilu 2014," ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta.

Menurutnya, kehadiran perempuan menjadi sangat berarti khususnya untuk memperbaiki taraf kehidupan yang masih belum layak, termasuk diskriminasi gender dalam berbagai sendi hingga kekerasan dalam rumah tangga dan kekerasan publik.