Jakarta (ANTARA) - Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) membuka bursa pencalonan ketua umum periode 2024-2028 menjelang Musyawarah Nasional (Munas) yang direncanakan berlangsung di Jakarta pada 28-30 Oktober 2024.

Panitia Pelaksana Munas, George Fernando Dendeng, mengungkapkan bahwa persiapan Munas telah dimulai sejak Januari 2024, dengan dibentuknya Panitia Pengarah, Panitia Pelaksana, dan Tim Penjaringan.

"Tim Pelaksana Munas dan Tim Pengarah telah bekerja sejak Pra Munas yang diselenggarakan pada 1 Juni 2024 dan terus mempersiapkan Munas hingga saat ini," kata George dalam siaran pers yang dikutip di Jakarta, Kamis.

Munas Perbasi nanti memiliki dua agenda utama, yakni perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PP Perbasi serta pemilihan Ketua Umum PP Perbasi untuk periode 2024-2028.

Mantan Sekjen dan Wakil Ketua Umum Perbasi, Setia Dharma Madjid, ditunjuk sebagai Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Ketua Umum. Ia menjelaskan bahwa proses pencalonan ketua umum dimulai dengan pengambilan formulir pendaftaran pada 14-23 Agustus 2024. Formulir ini harus dikembalikan pada 23 Agustus hingga 23 September 2024 untuk diproses lebih lanjut oleh Tim Penjaringan.

Dharma menambahkan bahwa persyaratan administrasi yang harus dipenuhi oleh bakal calon ketua umum antara lain mencakup dokumen pakta integritas dan bukti bahwa calon tidak pernah dijatuhi hukuman atau terlibat dalam permasalahan hukum.

"Calon juga diwajibkan menyertakan dukungan tertulis dari sedikitnya 15 Pengurus Provinsi (Pengprov) yang ditandatangani oleh ketua umum masing-masing Pengprov," jelas Dharma.

Selain itu, pada saat pengembalian formulir, bakal calon ketua umum harus menyerahkan dana sebesar Rp500 juta sebagai bentuk komitmen dan keseriusan untuk mencalonkan diri.

Kepengurusan Perbasi periode 2019-2023 telah mencatatkan sejumlah prestasi gemilang, termasuk perolehan medali emas oleh Timnas Basket Putra 5on5 di SEA Games 2021 Hanoi, dan medali emas oleh Timnas Basket Putri 5on5 di SEA Games 2023 Kamboja.

Selain itu, Timnas 3X3 Putri Indonesia meraih peringkat ketiga di FIBA 3X3 Asia Cup 2022 di Singapura, serta sukses menyelenggarakan Piala Asia 2022 dan FIBA World Cup 2023 bersama Jepang dan Filipina.

Kepengurusan saat ini juga berhasil menjaga tradisi tampil di FIBA U18 Asia Cup, dengan Timnas U18 Putra merebut tiket melalui SEABA Qualifiers di Malaysia.

Baca juga: Rencana Munas PP Perbasi, Danny Kosasih: Bisa naik, harus bisa turun

Baca juga: Mars Bola Basket Indonesia jadi lagu resmi PP Perbasi