Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat agar melakukan optimalisasi pemungutan pajak dan retribusi daerah melalui intensifikasi dan ekstensifikasi terhadap sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Papua Setyo Wahyudi di Jayapura, Rabu, mengatakan, OPD yang memiliki potensi retribusi ini banyak, namun semua belum optimal.

“Oleh sebab itu kami minta 35 OPD agar segera memanfaatkan setiap potensi yang ada agar dapat menjadi tambahan pemasukan,” katanya.

Menurut Setyo, sejak terbentuknya DOB memang Pemprov Papua masih dalam transisi. Untuk itu pencarian sumber pendapatan baru harus terus digenjot dan salah satunya melalui pajak dan retribusi daerah.

“OPD yang memiliki potensi itu banyak untuk itu kami harap agar melakukan optimalisasi dengan memanfaatkan sumber daya yang ada sebaik mungkin,” ujarnya.

Dia menjelaskan, selain itu pihaknya juga mengingatkan kepada OPD agar taat dalam membayar kendaraan bermotor karena itu juga merupakan salah satu sumber pendapatan dari Pemprov Papua

“Harapan kami dengan begini maka sumber-sumber yang ada ini dapat dioptimalkan agar menjadi pendapatan bagi Pemprov Papua,” katanya.

Dia menambahkan pihaknya berharap dengan melakukan optimalisasi diharapkan target-target diberikan ini bisa tercapai dengan sisa waktu yang ada.

Baca juga: Bappenda Papua sebut PAD capai Rp279,8 miliar per Mei
Baca juga: Pemprov Papua mulai identifikasi potensi sumber pendapatan daerah
Baca juga: Pemprov Papua harap PAD Award tingkatkan pendapatan daerah