Jakarta (ANTARA) - Kadar kolesterol wanita cenderung meningkat seiring bertambahnya usia. Penting mengetahui kadar kolesterol dalam batas normal, sebab kadar kolesterol yang tinggi pada wanita dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Kolesterol merupakan merupakan senyawa lemak menyerupai lilin yang berada di dalam darah. Pada dasarnya tubuh memerlukan kolesterol untuk membangun sel-sel sehat, namun kadar kolesterol yang tinggi dapat membahayakan kesehatan.

Lantas, berapa kadar kolesterol yang dianggap normal pada wanita? melansir dari laman Medical News Today, wanita sering kali memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah selama masa reproduksi. Namun, setelah mengalami menopause, kadarnya dapat meningkat. Hal ini mungkin berhubungan dengan hormon estrogen.

Kolesterol diproduksi terdiri atas 2 jenis yaitu kolesterol HDL (High Density Lipoprotein) atau disebut juga kolesterol baik, dan kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) atau disebut juga kolesterol jahat.

Kadar kolesterol HDL yang optimal dapat melindungi tubuh dari kolesterol LDL. Kolesterol HDL membantu membersihkan tubuh dari kelebihan kolesterol LDL, sehingga kecil kemungkinannya untuk berakhir di arteri. Perbedaan jenis kelamin dan usia dapat memengaruhi kadar kolesterol seseorang.

Wanita di bawah usia 55 tahun atau sebelum menopause biasanya memiliki kadar kolesterol LDL lebih rendah daripada pria. Ketika hormon estrogen wanita meningkat, jumlah kolesterol HDL juga meningkat. Pada saat ovulasi, hormon estrogen dan kolesterol HDL mencapai puncaknya.

Kadar angka kolesterol menunjukkan seberapa banyak kolesterol yang ada pada darah. Kolesterol diukur dalam miligram per desiliter (mg/dL). Untuk mengetahui mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh melalui tes darah yang mengukur kolesterol. Berikut kadar kolesterol yang dianggap normal pada wanita:

Melasir dari MedlinePlus, kadar kolesterol normal wanita di bawah usia 19 tahun, yakni kadar kolesterol total kurang dari 170 mg/dL, dengan kadar kolesterol LDL di bawah 110 mg/dL dan kadar kolesterol HDL diatas 45 mg/dL.

Sementara kadar kolesterol normal wanita usia 20 tahun ke atas, yakni kadar kolesterol total kurang dari 200 mg/dL, dengan kadar kolesterol LDL di bawah 100 mg/dL dan kadar kolesterol HDL idealnya 60 mg/dL atau lebih, kadar kurang dari 50 mg/dL dianggap rendah.

Selain itu, kadar trigliserida yang masuk dalam tes untuk mengukur kolesterol merupakan suatu jenis lemak dalam darah yang digunakan tubuh untuk energi. Kadar trigliserida yang normal adalah di bawah 150 mg/dL.

Perlu diketahui menjalani tes kolesterol tergantung pada usia, faktor risiko, dan riwayat keluarga. Untuk usia 19 tahun atau lebih muda bisa melalukan tes pertama kolesterol dilakukan antara usia 9 hingga 11 tahun dan menjalani tes lagi setiap 5 tahun.

Sementara untuk usia 20 hingga 65 tahun, orang dewasa yang lebih muda harus menjalani tes kadar kolesterol setiap 5 tahun, wanita berusia 55 hingga 65 tahun harus melakukan tes kadar kolesterol setiap 1 hingga 2 tahun. Untuk usia di atas 65 tahun tes kadar kolesterol dilakukan setiap tahun.