Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II angkatan ke-34 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk meningkatkan kompetensi lulusannya.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono pelatihan ini bertujuan melahirkan pemimpin-pemimpin baru yang inovatif, memiliki kemampuan perubahan, dan memiliki kompetensi sesuai standar level jabatan.

"Peningkatan kompetensi sesuai level jabatan para ASN merupakan salah satu hal yang harus dimiliki dalam mewujudkan cita-cita pendiri bangsa, yaitu masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945," ujar Joko usai membuka PKN II di Hotel Tavia Heritage, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin.

Joko mengatakan pelatihan tersebut dilaksanakan selama 107 hari, sejak 12 Agustus hingga 13 Desember 2024.

Adapun peserta pelatihan dalam satu angkatan terdiri dari 30 orang, yaitu 29 orang pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemprov DKI dan satu orang dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia.

“Kesuksesan para pemimpin adalah dapat melahirkan pemimpin-pemimpin baru yang berkompeten dan amanah dalam menjaga tanggung jawabnya. Oleh karena itu, Pemprov DKI Jakarta membuka kesempatan kepada seluruh ASN yang sudah memenuhi syarat untuk ikut serta dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II ini agar dapat mengembangkan kompetensi dan mampu menciptakan inovasi perubahan,” jelas Joko.

Joko juga meminta sosialisasi mengenai kamus kompetensi untuk eselon 1, 2, 3, dan 4 agar lebih sering dilakukan, sebagai upaya memenuhi syarat nilai yang dibutuhkan dan sesuai dengan standar jabatan eselon.

Kemudian, Pemprov DKI Jakarta juga mulai mensyaratkan seluruh pegawai untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) minimal 40 jam dalam satu tahun.

Pada pelatihan ini, seluruh peserta akan membuat proyek perubahan di lingkungan kerjanya masing-masing. Pembuatan proyek inovasi perubahan tersebut harus memiliki unsur kebaruan, baik inovasi yang diciptakan sendiri maupun orang lain.

"Proyek perubahan yang sukses adalah proyek perubahan yang bisa diterapkan di instansi kita dan memiliki efek tular kepada instansi lain. Itu yang nilainya paling tinggi nantinya. Terlebih jika peserta dapat mengembangkan inovasi karya orang lain di lingkungan kerjanya. Saya yakin peserta mampu menciptakan inovasi dalam mencapai visi Jakarta menjadi kota global,” ujar Joko.
Baca juga: Sekda DKI ingatkan ASN harus jaga netralitas jelang dan saat Pilkada
Baca juga: Sekda DKI kukuhkan 39 anggota Forum TJSLBU periode 2024-2028
Baca juga: Selama 33 hari, Jakarta Fair 2024 bukukan transaksi Rp7,5 triliun