Anshun (ANTARA) - Kota Anshun di Provinsi Guizhou, China barat daya, adalah rumah bagi Opera Dixi, bagian penting dari budaya Tunpu yang berasal dari Dinasti Ming (1368-1644).

Sebagai sebuah tradisi, para pemain Dixi mengenakan berbagai topeng saat mementaskan opera tentang sejarah dan ritual untuk mengusir roh jahat. Opera ini terdaftar sebagai salah satu warisan budaya tak benda nasional pada tahun 2006.

Seorang pegiat opera Dixi muda tampil dalam sebuah pertunjukan di Distrik Pingba, Kota Anshun, Provinsi Guizhou, China barat daya, pada 25 Juli 2024. (Xinhua/Ou Dongqu)


Seorang penduduk desa melakukan persiapan untuk penampilan opera Dixi di Desa Jiuxi, Daxiqiao, Kota Anshun, Provinsi Guizhou, China barat daya, pada 24 Juli 2024. (Xinhua/Ou Dongqu)

Penduduk desa menggelar pertunjukan opera Dixi di Desa Jiuxi, Daxiqiao, Kota Anshun, Provinsi Guizhou, China barat daya, pada 24 Juli 2024. (Xinhua/Ou Dongqu)

Bao Bo, seorang pewaris keterampilan mengukir kayu Anshun, mewarnai sebuah topeng Dixi di objek wisata kota kuno Jiuzhou di Kota Anshun, Provinsi Guizhou, China barat daya, pada 25 Juli 2024.(Xinhua/Ou Dongqu)
Bao Bo, seorang pewaris keterampilan mengukir kayu Anshun, membuat topeng Dixi di objek wisata kota kuno Jiuzhou di Kota Anshun, Provinsi Guizhou, China barat daya, pada 25 Juli 2024. (Xinhua/Ou Dongqu)


Bao Bo, seorang pewaris keterampilan mengukir kayu Anshun, mewarnai sebuah topeng Dixi di objek wisata kota kuno Jiuzhou di Kota Anshun, Provinsi Guizhou, China barat daya, pada 25 Juli 2024. (Xinhua/Ou Dongqu)
Foto dari udara yang diabadikan menggunakan drone ini menunjukkan para pegiat opera Dixi muda tampil dalam sebuah pertunjukan di Distrik Pingba, Kota Anshun, Provinsi Guizhou, China barat daya, pada 25 Juli 2024. (Xinhua/Ou Dongqu)