Bandung (ANTARA News) - Nico Siahaan, pemandu acara televisi yang kini menjadi politisi, ingin menjadi bagian dari Komisi X DPR yang antara lain membidangi pendidikan jika terpilih menjadi wakil rakyat pada pemilihan umum anggota legislatif 9 April mendatang.

"Saya berharap bisa bergabung di Komisi X yang membidangi pendidikan. Kaum muda perlu terus didorong untuk peduli pendidikan," kata Nico saat berkampanye bersama Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Cimahi, Jawa Barat, Kamis.

Pria bernama lengkap Junico SP Siahaan itu menyatakan ingin mendorong peningkatan pemerataan pendidikan dan peluang kerja melalui penambahan jumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh wilayah Indonesia.

"SMK perlu diperbanyak, perlu dibangun baru lebih banyak dibanding SMA. Buat apa membangun banyak SMA bila lulusannya menganggur, lebih baik perbanyak SMK dan mendorong kemandirian usaha dan membuka lapangan pekerjaan," katanya.

Calon anggota legislatif PDIP dari Daerah Pemilihan I yang mencakup Kota Bandung dan Cimahi juga menjelaskan bahwa keputusannya terjun ke dunia politik bukan keputusan mendadak.

Ia mengaku sudah aktif di partai yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri itu selama beberapa waktu.

"Saya berharap masyarakat tetap percaya kepada partai, kita sama-sama membangun partai dan bangsa ini. Masyarakat harus berperan aktif dalam politik, salah satunya dengan mensukseskan Pemilu 2014," katanya.

Menurut dia, pemilu bisa menjadi saluran untuk melakukan perbaikan dan mendorong warga menggunakan hak pilih.

"Tidak ada alasan tidak datang ke TPS pada 9 April 2014 mendatang, menyampaikan hak suara sama dengan memberikan suara untuk pembangunan di negeri ini," demikian Nico Siahaan.