Jakarta (ANTARA) - Untuk memperingati Hari Kebugaran Nasional China ke-16 pada Kamis (8/8), tiga taikonaut yang berada di stasiun luar angkasa China yang sedang mengorbit menyelenggarakan ajang olahraga mereka sendiri untuk berbagi kegembiraan berolahraga sekaligus menunjukkan dukungan kepada para atlet di Olimpiade Paris yang sedang berlangsung.

Kru Shenzhou-18 telah menyelesaikan setengah lebih dari total waktu misi luar angkasa mereka yang berdurasi enam bulan, sejak diluncurkan pada akhir April. Waktu yang dihabiskan oleh ketiga taikonaut saat mengitari Bumi tidak hanya digunakan untuk melakukan eksperimen dan aktivitas di luar wahana antariksa atau spacewalk, tetapi juga menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi (work-life balance).

Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency) telah merilis pembaruan video selama pelaksanaan misi mereka, yang menunjukkan bagaimana mereka meluangkan waktu untuk memelihara kebugaran, sebagaimana dinyatakan Xinhua yang dikutip di Jakarta, Jumat.
Gambar tangkapan layar yang diabadikan pada 8 Agustus 2024 dan disediakan oleh China Central Television (CCTV) ini menunjukkan taikonaut Shenzhou-18, Ye Guangfu (tengah), sedang mengangkat dua rekannya layaknya barbel di lingkungan nol gravitasi di dalam stasiun luar angkasa China. Xinhua