Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat mengabadikan nama sastrawan Marah Rusli (Marah Roesli), penulis Roman Siti Nurbaya, sebagai sebuah nama jalan di daerah itu.

Jalan Marah Roesli ini berada di Kelurahan Belakang Tangsi, Kecamatan Padang Barat, tepatnya di samping Detasemen Polisi Militer (Denpom) I/4 Padang.

Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar ketika meresmikan nama jalan itu bersama cucu almarhum Marah Rusli, Dewi Odjar Ratna dan Dewi Utama Roesli, Senin, mengatakan penamaan Jalan Marah Roesli ditetapkan berdasarkan Keputusan Wali Kota Padang Nomor 390 Tahun 2024.

"Penamaan ini telah melewati proses sebagaimana yang telah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Padang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Penamaan Jalan," katanya.

Andree mengatakan Marah Rusli adalah salah satu sastrawan Indonesia berdarah Minangkabau. Beliau lahir di Kota Padang pada 7 Agustus 1889, bertepatan dengan tanggal lahir Kota Padang, 7 Agustus 1969.

"Roman Siti Nurbaya menjadi cerita fiksi yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia dan dunia. Karya ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Rusia dan China dan bahkan telah dibuat film serial televisi yang ditonton oleh jutaan rakyat Indonesia," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya Jalan Marah Roesli tersebut, masyarakat Kota Padang terutama para generasi muda dapat mengenal dan mengenang almarhum Marah Rusli yang telah menulis banyak karya semasa hidupnya.

"Jalan Marah Roesli juga akan menjadi pintu masuk ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang yang akan berkantor pada awal 2025 di sekitar kawasan ini," ujarnya.

Sementara itu, cucu almarhum Marah Roesli, Dewi Odjar Ratna, mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Kota Padang yang telah mengabadikan nama kakeknya menjadi sebuah nama jalan di Kota Padang.

“Pemberian nama Jalan Marah Roesli ini merupakan hadiah ulang tahun yang terindah bagi kami. Terutama ibu saya anak ke-3 dari almarhum Bapak Marah Rusli yang baru berulang tahun ke-96, 2 Agustus lalu,” ucapnya.

Ditambahkan oleh Dewi Utami Roesli, cucu dari anak kedua Marah Rusli, pemberian nama Jalan Marah Roesli merupakan sesuatu yang luar biasa dan sangat mengharukan bagi dirinya.

“Yang sangat mengharukan, anak kedua dari Marah Rusli, ayah saya, Mayor Jenderal Roeshan Roesli pernah menjabat sebagai Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Danpuspomad), dan ternyata Jalan Marah Rusli berada disamping Denpom I/4 Padang. Ini sangat luar biasa,” katanya.

Baca juga: Erick Thohir senang Balai Pustaka produksi film "Sitti Nurbaya"

Baca juga: Balai Pustaka-TVRI garap sinetron "Sitti Nurbaya"