Washington (ANTARA News) - Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF), Christine Lagarde, mengatakan, misinya ke Ukraina membuat kemajuan yang baik dan IMF tertarik membantu memulihkan stabilitas ekonomi negara itu.

"Kami telah berdiskusi yang produktif mengenai kebijakan yang diperlukan untuk menempatkan Ukraina di jalan tata kelola ekonomi sehat dan pertumbuhan berkelanjutan, sekaligus melindungi masyarakat yang rentan," kata Lagarde dalam pernyataan setelah pertemuan dengan Perdana Menteri Ukraina, Arseniy Yatsenyuk.

"Kami juga membahas kemajuan yang baik yang dibuat berdasarkan fakta yang didapat misi IMF yang telah bekerja di Kiev sejak 4 Maret. Setelah menyelesaikan penilaian independen atas situasi ekonomi di Ukraina, misi akan membuat rekomendasi kepada Manajemen IMF, yang akan melibatkan Dewan Eksekutif tentang tindakan-tindakan berikutnya," tambah Lagarde.

Dia juga mencatat, IMF akan terus berkonsultasi dengan para anggotanya dan lembaga keuangan internasional lainnya tentang cara terbaik untuk mendukung rakyat Ukraina.

Berdasarkan permintaan dari pihak berwenang Ukraina, pemberi pinjaman global yang berbasis di Washington itu sedang dalam proses konsultasi dengan Ukraina pada bantuan keuangan.

Ketidakpastian politik telah merugikan Ukraina secara ekonomi, karena negara itu dikatakan dalam kesulitan keuangan yang mengerikan, menghadapi kemungkinan default (gagal bayar).

Ukraina membutuhkan bantuan sekitar 35 miliar dolar Amerika Serikat, untuk meningkatkan ekonominya, menurut Departemen Keuangan Ukraina itu.