Beijing (ANTARA) - Pemerintah China berencana merekrut 7.000 pensiunan guru untuk bekerja di daerah-daerah tertinggal di negara tersebut tahun ini, menurut pernyataan yang dirilis oleh Kementerian Pendidikan China pada Jumat (2/8).

Upaya perekrutan ini merupakan bagian dari rencana aksi yang diluncurkan pemerintah pada 2018 untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah pedesaan dengan merekrut pensiunan guru untuk bekerja di daerah pedesaan.

Menurut pernyataan tersebut, program ini terutama akan menyasar para pensiunan kepala sekolah, staf peneliti pendidikan, dan guru-guru berpengalaman yang berusia hingga 65 tahun. Tenaga pengajar profesional yang direkrut berdasarkan rencana tersebut akan bekerja di sekolah-sekolah yang ada di wilayah, kota, dan daerah pedesaan komunitas etnis minoritas, serta di daerah perbatasan, daerah terpencil, dan daerah-daerah lain yang kekurangan sumber daya pendidikan.

Lebih dari 20.000 pensiunan guru sekolah dasar dan menengah telah direkrut di bawah rencana aksi tersebut sampai dengan November 2023, ungkap kementerian itu.