Jakarta (ANTARA) - Tim BMX Prancis menyegel tiga tempat podium nomor balap putra Olimpiade Paris 2024 yang berlangsung di La Defensa Arena, Saint-Quentin-en-Yvelines, Paris, Jumat.

Dilansir dari laman Olimpiade Paris 2024, Sabtu, Prancis memecahkan rekor abad ini dengan membawa tiga tim menempati podium yang sama setelah terakhir kali hal tersebut terjadi di Olimpiade Paris 1924.

"Ini malam yang luar biasa, dan bisa melakukannya dengan teman-teman saya adalah perasaan yang tidak nyata, dan sungguh menakjubkan untuk dapat menulis sejarah dan menempatkan BMX Racing di atas. Para penggemar luar biasa, mereka banyak membantu kami kemarin dan hari ini, dan mampu tampil di depan mereka dan menyampaikannya," kata Joris Daudet yang mengamankan medali emas.

Pembalap dari Swiss, Cedric Butti sebenarnya bisa mengganggu pesta dari tuan rumah Prancis, sayangnya ia finis dengan selisih seperseratus detik, dari trio Prancis yang ditempati oleh Joris Daudet, Sylvain Andre dan Romain Maheu yang secara berurutan finis di nomor 1, 2 dan 3.

"Saya pikir ini adalah impian banyak orang untuk melihat kami bermain dan finis secara berurutan di nomor 1-2-3. Kami telah membicarakannya selama bertahun-tahun. Orang-orang ingin kami pergi dan menempati podium 1-2-3 karena kami tidak pernah mendapatkan medali untuk BMX pria. Tapi sekarang kami mendapat tiga dalam satu malam," ujar Romain Maheu.

Baca juga: Klasemen Olimpiade : China berada di puncak dan dibayangi Prancis

Catatan gemilang tersebut juga langsung disaksikan oleh Presiden Prancis, Emmanuel Macron yang hadir langsung ke stadion untuk memberikan dukungan kepada Joris Daudet dan kawan-kawan.

"Kami melihat (Macron) setelah garis finis, dan sungguh menakjubkan bisa membuatnya menonton balapan dan memiliki semua orang penting di Prancis dan bisa datang ke sini dan menonton olahraga kecil kami," ujar Sylvain Andre.

Baca juga: Tim BMX Indonesia buru tiket Olimpiadelewat kejuaraan di Paris