Jakarta (ANTARA) - Tim Verifikasi Lapangan Program Kampung Iklim (Proklim) DKI Jakarta mengevaluasi kunjungan di lingkungan RW 16 Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Jumat.

Ketua Tim Verifikasi Lapangan Proklim tingkat DKI Jakarta, Ria Lantasih menyebut evaluasi tersebut bertujuan untuk mengetahui kegiatan warga di bidang adaptasi dan mitigasi sebagai upaya pengendalian dampak perubahan iklim.

"Secara umum sudah berjalan baik, misalnya kehadiran Bank Sampah, pemilahan sampah organik dan non organik, ketersediaan tempat pengolahan sampah 3R (reduce, reuse, dan recycle) serta pemanfaatan sampah daur ulang," kata Ria di Jakarta, Jumat.

Namun, pihaknya juga memberikan sejumlah catatan evaluasi dalam kunjungan Verlap Proklim di RW 16 Tomang tersebut.

"Yang perlu dilengkapi itu pemanfaatan lahan pekarangan rumah. Kalau bisa seluruh warga yang memanfaatkan lahan pekarangan memiliki tujuan yakni selain menambah keasrian lingkungan juga bermanfaat buat masyarakat," tutur Ria.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat, Ahmad Hariadi mengatakan tiga RW di Jakarta Barat ikut dalam penilaian program kampung iklim (Proklim) tingkat DKI Jakarta Tahun 2024.

"RW 16 Tomang-Grogol Petamburan, RW 07 Sukabumi Selatan, dan RW 02 Kelapa Dua-Kebon Jeruk," kata Hariadi.

Menurut Hariadi dari pembuktian data-data di lapangan oleh pihak RW 16 secara adaptasi Proklim, RW 16 sudah melengkapi dengan konsep pertanian perkotaan (urban farming).

"Untuk ketahanan pangan, juga ada penanaman pohon produktif dan pelindung," kata dia.

Selain itu, Hariadi melihat adanya kreativitas warga membuat kolam gizi berupa akuarium galon.

"Warga juga dituntut kreatif membuat kolam gizi berisi ikan nila atau mujair yang dirangkai dengan tanaman," lanjut dia.

Adapun Ketua RW 16 Tomang, Sofyan menuturkan bahwa pihaknya telah menyiapkan parameter-parameter pada penilaian program kampung iklim, seperti kelembapan, adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

"Sudah lengkap semua, mulai penghijauan, kolam gizi, hidroponik, pengolahan sampah dan sebagainya. Proklim itu sudah diterapkan pada 9 RT di lingkungan RW 16," katanya.
Baca juga: DKI arahkan kelurahan dan RW bentuk Kampung Iklim
Baca juga: DKI raih sejumlah penghargaan pada Program Kampung Iklim
Baca juga: DKI miliki 251 Proklim sebagai adaptasi dampak perubahan iklim