Jakarta (ANTARA) - China akan mendorong introduksi pedoman mengenai penyempurnaan sistem akses pasar dan menerbitkan daftar negatif akses pasar versi baru di masa mendatang, ungkap Wakil Kepala Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (National Development and Reform Commission/NDRC) Chin, Zhao Chenxin, dalam konferensi pers pada Kamis (1/8).

NDRC akan memperkenalkan sekumpulan langkah khusus untuk melonggarkan akses pasar, tutur Zhao, sembari menambahkan bahwa komisi tersebut akan menjajaki pelonggaran lebih lanjut terkait akses pasar di seluruh China dan menyediakan ruang pengembangan yang lebih luas bagi berbagai entitas bisnis.

Sementara itu, sebagaimana diutarakan Xinhua dan dikutip di Jakarta, Kamis, NDRC akan merumuskan pedoman untuk pembangunan pasar nasional terpadu, dengan upaya yang lebih besar dilakukan pada penghapusan berbagai hambatan dan kendala seperti proteksionisme lokal dan segmentasi pasar.

Melalui langkah-langkah tersebut, "kami akan secara kontinu memacu momentum intrinsik dan vitalitas yang inovatif ke seluruh lapisan masyarakat, dan menyuntikkan arus momentum yang stabil" ke dalam kemajuan modernisasi dengan karakteristik China, urai Zhao.

China memiliki kondisi, kemampuan, keyakinan, dan tekad untuk secara efektif mewujudkan target-target pertumbuhan tahun ini, imbuh Zhao.