Pariaman (ANTARA) - Pelajar asal Nagari (Desa) Malai III Koto, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, Az Zikhri Pujangga Yadhi, terpilih mengikuti program pertukaran pelajar ke Amerika Serikat yang diselenggarakan Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study bersama Bina Antarbudaya yang dilaksanakan dari 5 Agustus 2024 sampai Juni 2025.

"Kami bangga memiliki putra daerah yang berprestasi seperti Zikhri, hendaknya ini menjadi motivasi bagi pelajar di nagari ini," kata Wali Nagari Malai III Koto, Yul Ananda, di Sungai Geringging, Kamis.

Ia mengatakan rasa bangga yang diutarakannya tidak saja karena Zikhri mengangkat nama baik daerah, namun juga karena menunjukkan bahwa putra nagari itu mampu bersaing dengan pelajar lainnya dari berbagai provinsi di Indonesia.

Ia menyampaikan Pemerintah Nagari Malai III Koto terus mendorong generasi muda atau pelajar di daerah itu terus mengasah diri dan memiliki tekad seperti Zikhri.

"Semoga ia bisa memotivasi pelajar lainnya di Nagari Malai III Koto khususnya dan Padang Pariaman serta Sumbar umumnya," katanya.

Sementara orang tua Zikhri, Adri Chan, mengatakan anaknya satu-satunya pelajar yang mewakili Sumbar dan salah satu dari sembilan peserta di Sumatera pada tahun ini lulus program Kennedy-Lugar YES yang dilaksanakan selama satu tahun tersebut.

"Ananda Zikhri saat ini sedang mengikuti pembekalan di Jakarta bersama 108 peserta lainnya yang dari berbagai provinsi di Indonesia," ujarnya.

Ia menyampaikan, sebelumnya Zikhri pernah mengikuti program pertukaran pelajar tersebut namun belum beruntung. Tetapi putranya tersebut tidak menyerah dengan kembali mendaftar program itu hingga terpilih pada tahun ini.

"Dia termasuk anak yang giat, bahkan kapan dia bisa berbahasa Inggris kami tidak tahu," katanya.

Adri menyampaikan selama di sekolah khususnya SD dan SMP putranya selalu juara kelas di bidang akademik.

Meskipun ia dan keluarga berat melepas keberangkatan putranya tersebut ke negeri yang jauh dari Ranah Minang, namun dirinya berharap hal yang dilakukan putranya itu tidak saja berguna masa depannya namun juga bangsa.

Zikhri merupakan siswa kelas XII di MAN Insan Cindekia Siak, Riau. Dia merupakan alumni SDN 15 Sungai Geringging dan SMP Islam Terpadu Mutiara Pariaman.

Baca juga: Dua santriwati Aceh lulus seleksi pertukaran pelajar Internasional

Baca juga: Manfaat program pertukaran pelajar ke luar negeri bagi profil karier