Jakarta (ANTARA) - Arena perlombaan cabang olahraga renang Paris 2024 dipenuhi dengan cinta terhadap perenang Italia Gregorio Paltrinieri setelah ia memenangi medali di Olimpiade-nya yang ketiga berturut-turut, Selasa (30/7).

Kursi-kursi yang dipenuhi keluarga dan teman-temannya, yang segera didatangi sang atlet begitu ia turun dari podium, terlihat sangat riuh.

Namun, ada satu orang penting yang hilang dari kerumunan pendukungnya itu, yakni tunangannya, yang juga berada di Paris, namun terlalu sibuk untuk datang dan menyaksikan Paltrinieri memenangi medali Olimpiade keempatnya.

Meski begitu, Paltrinieri tidak keberatan.

Pada saat yang sama ketika Paltrinieri terjun ke kolam renang untuk gaya bebas 800m putra, tunangannya Rossella Fiamingo membantu tim Italia memenangi medali emas cabang anggar di Grand Palais, sekitar 7,5 kilometer jauhnya.

"Belum (melihat tunangannya), karena saya baru saja keluar, tapi saya tidak sabar untuk melihatnya," kata Paltrinieri ketika ditanya apakah mereka sudah saling melihat medali satu sama lain melalui video call, dikutip dari laman resmi Olympics, Kamis.

"(Kami) hanya berkirim pesan sebentar, tapi saya tidak sabar untuk kembali ke Kampung Atlet."

Atlet Olimpiade empat kali Paltrinieri dan Fiamingo bertemu di Olimpiade Tokyo 2020 dan sejak itu bertunangan.

Sebagai atlet menjelang final Olimpiade, mereka mengesampingkan cinta, dan hanya fokus pada kompetisi. Namun, itu terbayar.

Setelah meraih medali, calon suami dan istri itu memiliki tujuh medali Olimpiade, termasuk satu emas untuk masing-masing medali.

“(Malam sebelum perlombaan) saya mengatakan kepadanya bahwa saya tidak ingin melihat lombanya, bukan karena hal buruk tetapi karena saya juga berada di final," kata Fiamingo.

"Kami berdua tahu kami menginginkan medali ini dan malam ini kami ingin kembali dengan masing-masing medali untuk merayakannya. Satu saja tidak cukup. Kami berdua ingin bahagia dengan penampilan kami."

Fiamingo menyelesaikan pertarungannya di menit-menit terakhir Italia-Prancis yang menegangkan sebelum Paltrinieri memulai lomba gaya bebas 800m. Setelah 7:39.38 menit, ia berhasil mengamankan medali perunggu.

Baca juga: Cuplikan momen gemilang pada hari ke-4 Olimpiade Paris 2024

Selanjutnya: Pasangan tunangan itu
Pasangan tunangan itu harus menunggu lebih lama karena pertandingan anggar berlanjut hingga perpanjangan waktu. Namun tak lama kemudian, juga mendapat penghargaan Olimpiade.

"Hal pertama yang saya tanyakan ke (Presiden Komite Olimpiade Italia) Giovanni Malago ketika saya melihatnya adalah 'Bagaimana kabar Greg?'. Saya ingin mengetahui hal itu," kenang Fiamingo.

"Orang-orang menganggap Greg sangat fenomenal dan harus selalu menang."

"Dia hebat dalam dunia renang. Di usianya, dia selalu super kompetitif melawan siapa pun. Saya sangat bangga padanya. Setelah semua yang dia menangi, dia masih haus akan lebih banyak lagi."

"Kami saling mengirim pesan setelah pertandingan (semifinal anggar) melawan China dan dia mengatakan kepada saya, 'Kamu telah banyak memotivasi saya', dan saya senang melihat betapa termotivasinya dia setelah menonton kompetisi saya," ujar Fiamingo.

"Setelah itu kami tidak bisa berhubungan lagi karena saya harus melakukan tugas saya, saya harus fokus, tapi pikiran saya tertuju padanya juga. Saya tidak sabar untuk menyelesaikannya dan menang serta mencari tahu tentang dia. Sekarang kami bisa merayakannya."
Atlet anggar Itala Rossella Fiamingo setelah mengalahkan atlet Jepang Miho Yoshimura saat kualifikasi nomor senior individual epee putri Kejuaraan Dunia Anggar di Fair Allianz MI.CO (Milano Convegni), Milan, pada 25 Juli 2023. (Photo by Andreas SOLARO / AFP) (AFP/ANDREAS SOLARO)

Keduanya dipuji sebagai contoh konsistensi dan umur panjang dalam olahraga mereka, Paltrinieri yang berusia 29 tahun mengatakan dia dan Fiamingo berhutang satu sama lain karena mereka berhasil naik podium Paris 2024 di malam yang sama.

"Apa yang kami lakukan, olahraga, sungguh rumit, namun sangat menarik bagi kami untuk terus melakukan ini," kata Paltrinieri.

"Penuh naik turunnya sepanjang waktu, tapi yang pasti kami memotivasi diri sendiri dan berusaha mendukung satu sama lain. Senang rasanya bisa naik podium di hari yang sama."

Sementara kompetisi Paris 2024 untuk Fiamingo telah berakhir, Paltrinieri masih memiliki dua perlombaan lagi, yakni di nomor 1500m putra dan 10km renang maraton.

Dan kali ini, Fiamingo memastikan untuk mendukungnya dari tribun.

"Dia masih memiliki lebih banyak peluang untuk memenangi medali dan saya akan berada di sini untuk menyaksikan semuanya," kata atlet anggar tersebut.

"Saya sedang berlibur sekarang dan saya akan mendukungnya. Saya akan berusaha membuatnya tetap tenang dan membuatnya menikmati segalanya."

"Dia dalam kondisi yang baik dan saya berharap yang terbaik untuknya."

Baca juga: Hoaks! video protes pembukaan Olimpiade Paris di Eiffel
Baca juga: Klasemen medali Olimpiade Paris 2024: Kontingen Jepang belum tergeser