Jakarta (ANTARA) - Menjalankan usaha sendiri membuat Anda tidak perlu bekerja di bawah kendali bos karena Anda-lah bosnya. Dengan begini, Anda bisa mengembangkan potensi semaksimal mungkin untuk memperoleh lebih banyak keuntungan. Salah satu jenis usaha yang risikonya minim adalah di bidang F&B. Tapi, apa ide bisnis kuliner yang peluangnya menarik sehingga perkembangannya cukup menjanjikan? Supaya punya gambaran jelas, simak lima rekomendasinya dari kami!

Ide Bisnis Kuliner yang Banyak Diminati

Ada beberapa ide bisnis kuliner yang sedang diminati belakangan ini. Anda dapat memulai bisnis dan berfokus pada makanan atau minuman saja seperti contoh berikut.

1. Bento box

Ide bisnis kuliner pertama yang diminati banyak orang adalah bento box karena orang semakin tidak punya waktu untuk memasak sendiri.

Modal awal

Modal untuk menjalankan usaha bento box sebenarnya bergantung dari sistem penjualan yang Anda pakai, apakah pre-order atau ready stock. Jika ingin opsi yang lebih murah, sebaiknya pilih sistem pre-order sehingga makanan hanya diproses setelah pembeli melunasi atau membayar DP.

Kelebihan dan kekurangan

Kelebihan menjual bento box adalah Anda bisa berkreasi seunik mungkin untuk mengembangkan skill Anda. Namun, Anda mungkin harus punya skill masak supaya tidak kalah saing dengan pengusaha lain yang sudah lebih dulu merintis di bidang ini.

Strategi menjalankannya

Supaya usaha bento box Anda bisa bersaing di pasaran, pastikan menunya unik dan enak. Pilih bahan makanan yang segar dan olah dengan cara yang sehat. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan harga jualnya dengan target market Anda, ya!

2. Salad buah dan sayur

Karena orang sudah mulai sadar tentang pentingnya menjaga pola makan, peluang bisnis salad buah dan sayur cukup menarik untuk ditekuni.

Modal awal

Modal memulai usaha salad buah dan sayur dibutuhkan ketika Anda harus membeli bahan baku. Tapi, hanya dengan Rp1,5 juta, Anda sudah bisa mendapatkan peralatan sekaligus bahan berkualitas, seperti buah dan sayur, mayones, keju, dan lain-lain.

Kelebihan dan kekurangan

Potensi usaha salad buah dan sayur cukup baik di wilayah perkotaan karena orang mulai sadar akan pentingnya menjaga pola makan. Tapi, Anda harus menjaga standar kesegaran bahan baku supaya tetap layak konsumsi. Ini yang menjadi PR di awal karena pesanan mungkin belum banyak.

Strategi menjalankannya

Untuk menghindari kerugian akibat bahan baku yang membusuk, Anda bisa tetapkan sistem pre-order dengan minimal dan maksimal kuota pesanan. Tawarkan juga layanan pengantaran dengan minimal pembelian agar pembeli lebih tertarik beli banyak.

3. Roti bakar

Roti bakar adalah jenis usaha makanan manis yang sangat digemari oleh orang Indonesia. Bahkan, ini dikenal sebagai makanan khas Bandung.

Modal awal

Modal untuk memulai usaha ini bisa dari nominal Rp5 jutaan jika Anda melakukannya dalam skala rumahan. Tapi, kalau ingin menyewa tempat usaha dan memperbesar cakupan bisnis, Anda bisa menyiapkan budget sekitar Rp15 juta sampai Rp30 jutaan.

Kelebihan dan kekurangan

Kelebihan menjalankan bisnis ini antara lain bahan bakunya dapat bertahan lama, terutama untuk selai rotinya. Varian rasa yang Anda tawarkan juga bisa sangat beragam sehingga dapat memenuhi permintaan pasar. Tapi, Anda mungkin harus bersaing dengan banyak kompetitor pendahulu.

Strategi menjalankannya

Menjual roti bakar memang butuh bahan baku berkualitas agar rasanya nikmat. Tapi, Anda juga mesti pintar memilih lokasi jualan karena ini akan memengaruhi total pemasukan bisnis. Lalu, berikan pelayanan yang baik supaya konsumen mau

kembali lagi.

4. Racikan kopi

Ide bisnis kuliner berikutnya yang peluangnya cukup oke karena memiliki target pasar luas adalah coffee shop. Anda juga bisa menjalankan usaha kopi dengan konsep tradisional atau jual racikannya.

Modal awal

Siapa bilang memulai bisnis kopi itu mahal? Bagi Anda yang menerapkan sistem grab and go, tentu modal usahanya akan lebih murah, yaitu sekitar Rp5 jutaan saja. Dengan budget tersebut, Anda bisa membangun usaha kopi dengan bentuk gerobak atau seperti angkringan.

Kelebihan dan kekurangan

Kelebihan menjalankan usaha kopi adalah minatnya sedang sangat tinggi. Harga biji kopi nusantara juga sangat murah, lho! Jadi, Anda bisa menjualnya dengan harga lebih terjangkau sembari meningkatkan geliat perekonomian para petani kopi di tanah air.

Strategi menjalankannya

Dalam menjalankan bisnis kopi, kualitas rasa adalah nomor satu yang mesti Anda jual. Setelah itu, pertimbangkan beberapa aspek, seperti kemasan, pemilihan lokasi, pelayanan yang nyaman, hingga strategi marketing yang sesuai dengan target market.

5. Sambal rumahan

Mengingat selera penduduk tanah air yang doyan makan pedas, bisnis sambal rumahan punya potensi menjanjikan, bahkan untuk dilaksanakan dengan skala kecil.

Modal awal

Modal awal yang dibutuhkan untuk membangun bisnis sambal rumahan adalah Rp5 juta sampai Rp10 jutaan. Memang, nominal tersebut terhitung cukup tinggi untuk bisnis skala rumahan, tapi Anda harus mempersiapkan mesin seal, labeling, dan blender.

Kelebihan dan kekurangan

Kelebihan berbisnis sambal rumahan adalah produknya dapat tahan lama karena sudah dalam kondisi matang atau diolah. Selain itu, sambal kemasan juga lebih mudah dipasarkan. Tapi, Anda mungkin harus menemukan resep terbaik sembari terus berinovasi agar tidak kalah saing.

Strategi menjalankannya

Strategi menjalankan bisnis sambal kemasan adalah dengan membuat desain kemasan semenarik dan seaman mungkin sehingga bisa menjaga mutu produk lebih lama. Pertimbangkan juga terkait promosi produk, usahakan dapat menjangkau konsumen seluas-luasnya.

Itu dia lima ide bisnis kuliner yang dapat Anda coba sebagai pelaku usaha pemula. Dengan modal Rp5 jutaan saja, Anda sudah bisa merintis usaha F&B yang potensinya menjanjikan. Fasilitasi juga para pelanggan Anda dengan Moka POS, pelopor sistem POS Kasir di Indonesia, yang dapat memudahkan proses pembayaran dan manajemen bisnis Anda.