London (ANTARA News) - Chelsea memiliki peluang untuk membuka keunggulan tujuh angka di puncak klasemen Liga Utama Inggris pada akhir pekan ini, dan tidak ada yang dapat dilakukan para pesaingnya untuk mencegah hal itu terwujud.

Dengan tim peringkat kedua Liverpool tidak bermain pada pekan ini dan Arsenal serta Manchester City bertanding di Piala FA, yang dapat dilakukan semua pengejar adalah Tottenham Hotspur dapat mengakhiri salah satu nasib buruk terpanjang di sepak bola Inggris dan menghadirkan kekecewaan di Stamford Bridge.

24 tahun telah berlalu dan 15 pelatih datang dan pergi di klub London Utara itu sejak Tottenham terakhir kali menang di markas Chelsea - catatan sejarah yang bahkan dapat membuat penggemar Spurs paling optimistis pun sulit meyakini timnya akan membawa pulang kemenangan pada Sabtu.

Chelsea mendapatkan momentum melalui permainan bagus ketika pertandingan kandang ini menjadi penting pada perburuan gelar liga, dan ketika Manchester City akan memiliki tiga pertandingan yang belum dimainkan setelah akhir pekan, defisit sembilan angka dari pasukan Jose Mourinho akan membuat mereka hanya memiliki sedikit ruang untuk melakukan kesalahan.

Mungkin secercah rasa optimis bagi pelatih Liverpool Brendan Rodgers, arsitek Arsenal Arsene Wenger, dan bos Manchester City Manuel Pellegrini adalah bahwa Tottenham memiliki rekor tandang terbaik di kompetisi strata teratas Inggris dan masih menyimpan harapan untuk menembus posisi empat besar.

Meski tidak bermain dengan mulus, mereka menghuni peringkat kelima dan kemenangan di kandang Chelsea akan membuat mereka hanya tertinggal satu angka dari City dan tiga angka dari rival abadi Arsenal yang akan mereka jamu pada pekan depan.

Pasukan Tim Sherwood telah mengumpulkan 29 angka pada pertandingan tandang yang mereka mainkan musim ini, memenangi sembilan dari 14 pertandingan.

Walau demikian, Chelsea juga kuat saat menjadi tuan rumah, menang 12 kali dan imbang dua kali ketika statistik menakjubkan Mourinho yakni tidak pernah kalah pada kancah liga di Stamford Bridge terus bergulir.

Juara bertahan Manchester United memiliki peluang untuk sedikit mendekati empat besar dengan pertandingan siang hari yang dimainkan pada Sabtu di markas West Bromwich Albion, yang pada awal musim menang di Old Trafford untuk pertama kalinya dalam 35 tahun.

Para penggemar Albion mengejek pelatih United David Moyes pada hari itu, menyebut bahwa ia akan "dipecat pada pagi hari" namun justru pelatih mereka Steve Clarke yang kehilangan pekerjaan dan West Brom sekarang berada di atas zona degradasi di mana pelatih baru mereka Pepe Mel berada di bawah tekanan, demikian Reuters.
(H-RF)