Jakarta (ANTARA) - Kodim 0503 Jakarta Barat dan Forum Komunikasi Pimpinan Kota (Forkopimko) setempat membangun kesepahaman untuk menghadapi kerawanan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada November 2024.

Komandan Kodim 0503 Jakarta Barat Kolonel Infanteri E.S. Putra Siregar menyebut berbagai kerawanan dan apa yang dihadapi menjelang Pilkada dan sebagainya menjadi bagian penting untuk diperhatikan bersama.

“Kita mungkin akan lebih meningkatkan komunikasi, kolaborasi, dan sinergi yang sudah berjalan, tapi dalam menghadapi Pilkada nanti, kita akan lebih tingkatkan lagi. Mulai dari tingkat yang terkecil di wilayah-wilayah,” kata Putra di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, nomenklatur kerawanan harus dipahami bersama mulai dari tingkat terkecil. Sektor-sektor kecil di wilayah dari tingkat Kecamatan, Koramil, Polsek sampai ke bawahnya harus dapat memahami apa yang dimaksud dengan kerawanan.

“Apa yang dimaksud kerawanan, sehingga dengan dapat memahami hal tersebut akan dapat mengambil, menyiapkan langkah apa yang harus dilakukan ketika kerawanan itu muncul. Di setiap wilayah pasti berbeda. Selanjutnya meningkatkan deteksi dan cegah dini, sama, mulai dari tingkat terkecil,” kata Putra.

Sementara itu, Kapolres Kombes Pol M Syahduddi menuturkan sebagai institusi yang diberikan mandat untuk bertanggung jawab terhadap keamanan dan kelancaran pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Khusus Jakarta, pihaknya siap mengawal sampai akhir proses.

“Polres Metro Jakarta Barat dan Polsek jajaran, beserta seluruh pihak terkait siap mendukung KPU dan Bawaslu Kota Jakarta Barat menjalankan seluruh rangkaian tahapan dan kegiatan pemilihan sampai tahap akhir,” kata Syahduddi.

Lebih lanjut ditegaskan, sebagai institusi Negara, bersama Kodim 0503 dan Koramil jajaran, pihaknya juga berkomitmen membantu menyukseskan Pilkada di wilayah hukum Polres Jakbar.

“Oleh karena itu, kami mengajak kita semua untuk membantu memelihara situasi Kamtibmas di wilayah kita agar tetap aman dan kondusif,” kata dia.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jakarta Barat Hendri Antoro menegaskan kesiapannya untuk menyukseskan Pilkada Jakarta dan menegakkan hukum jika terjadi pelanggaran.

“Kami siap untuk mendukung. Yang pertama cipta kondisi terkait dengan keamanan dan ketertiban masyarakat. Yang kedua, siap untuk mendukung jika nanti ada hal-hal yang harus ada penegakan hukum terkait dengan pelanggaran pilkada. Dan yang terakhir, tentu kami dengan kewenangan kami yang ada, siap untuk mendampingi jika ada gugatan terhadap penyelenggara pilkada,” kata Hendri.
Baca juga: Forkopimko Jakbar tekankan koordinasi untuk selesaikan masalah
Baca juga: Forkopimko Jakbar siapkan deklarasi pemilu yang damai satukan komitmen
Baca juga: Forkopimko Jakbar "gotong-royong" kawal pemilu yang damai dan kondusif