Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu menggandeng PT Pertamina Hulu Energi Offshore South East Sumatera (PHE OSES) untuk memenuhi kebutuhan gizi anak untuk mencegah tengkes (stunting)

"Kami bersama Pertamina punya program Seribu Asa yang didirikan untuk menyelamatkan generasi dari stunting akibat gizi buruk. Program ini dilaksanakan dengan cara memberikan makanan utama," kata Wakil Camat Kepulauan Seribu Utara, Yulihardi di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan sunting ini sudah menjadi isu nasional dan melalui program Seribu Asa ini diharapkan dapat membentuk generasi masa depan yang sehat dan cerdas.

Sementara itu, Head of Comunication Relations and CID PHE OSES Indra Darmawan menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk mendukung program pemerintah menurunkan angka stunting, khususnya di Kepulauan Seribu

"Kami bekerja sama untuk mengoptimalkan perkembangan dan kecukupan gizi pada anak. Kami juga melakukan program serupa di pulau lain," kata dia.

Indra mengatakan pihaknya melibatkan Tim Dahsyat dan para kader posyandu ini untuk memastikan bahwa program dapat berkesinambungan untuk meniadakan kasus stunting di wilayah yang menjadi sasaran.

"Dengan pelibatan berbagai pihak, semoga dapat menurunkan angka stunting di wilayah Kepulauan Seribu," katanya

Sementara itu, Sekretaris Kelurahan Pulau Panggang, Nuralim menambahkan jumlah anak stunting di wilayah saat ini sebanyak 18 balita yang terindikasi, dengan pemberian makanan utama dan vitamin khusus diharapkan menjadi zero.

"Program bantuan untuk menurunkan stunting berlangsung selama kurang lebih 60 hari kerja yang dikelola Tim Dahsyat Kelurahan Pulau Panggang," kata dia.

Berdasarkan prevalensi status gizi balita kabupaten/kota di Provinsi DKI Jakarta dari Survei Kesehatan Indonesia (SKI) Tahun 2023 Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kasus stunting di Kabupaten Kepulauan Seribu sudah turun menjadi 18,6 persen.

Pada 2023 angka stunting tercatat 135 terdiri atas 16 anak di Kelurahan Pulau Tidung, Kelurahan Pulau Pari 16 anak, Kelurahan Pulau Untung Jawa 5 anak.

Untuk Kelurahan Pulau Panggang 38 anak, Kelurahan Pulau Kelapa 42 anak dan Kelurahan Pulau Harapan 18 anak.
Baca juga: Kepulauan Seribu ajak pelajar gemar makan ikan cegah kekurangan gizi
Baca juga: Kepulauan Seribu selenggarakan audit stunting untuk tekan gizi kurang
Baca juga: Kepulauan Seribu edukasi olah ikan untuk tingkatkan wawasan gizi warga