Bengkulu (ANTARA) - Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Bengkulu menggelar Bencoolen Fest 2024 yang salah satu tujuannya untuk mengakselerasi usaha mikro kecil dan menengah setempat dapat eksis di kancah nasional maupun internasional.

"Bencoolen Fest 2024 dilaksanakan bertujuan untuk mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan yang inklusif dan berkelanjutan di Provinsi Bengkulu," kata Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Bengkulu Darjana di Bengkulu, Senin.

Dia mengatakan, Bencoolen Fest 2024 itu akan digelar pada minggu keempat Agustus, namun akan didahului beberapa kegiatan pra festival pada 18 Agustus sebagai ajang menyemarakkan Hari Ulang Tahun Negara Republik Indonesia.

"Pada pra event ini kami akan menyelenggarakan kegiatan edukasi dan literasi mengenai QRIS, CBP Rupiah, keuangan inklusif, dan kesehatan. Kemudian, Showcasing UMKM binaan KPwBI Bengkulu," kata dia.

Pada saat kegiatan Bencoolen Fest 2024, menurut Darjana, BI akan menggelar kegiatan bertajuk Cerita Kopi Bengkulu, kegiatan untuk menunjukkan potensi kopi di Bengkulu, tentunya kopi-kopi tersebut merupakan hasil produksi dan racikan dari UMKM lokal.

Kemudian, BI juga menyediakan ruang bagi UMKM yang bergerak di dunia kuliner dalam kegiatan Festival Kuliner Bengkulu, kegiatan olah cita rasa makanan khas Bengkulu
menggunakan produk-produk komoditas inflasi sebagai diversifikasi olahan pangan.

"Pada Bencoolen Fest juga ada kegiatan business matching. Merupakan kegiatan untuk mempertemukan antara UMKM potensial dan perbankan untuk pembiayaan. Kemudian juga ada UMKM exhibition," ucap Darjana.

Beberapa UMKM binaan Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Bengkulu sudah mampu berkiprah di pasar nasional, seperti UMKM Sari Aren yang kini telah memasok gula aren bubuk untuk sejumlah hotel di Indonesia.

Selain itu, UMKM lainnya produsen kopi sudah mampu memasok produknya untuk untuk pasar nasional dan juga pusat jajanan serta oleh-oleh khas Bengkulu.

Baca juga: BI memprediksi ekonomi Bengkulu pasca-pandemi tumbuh tertinggi di 2024
Baca juga: BI: Pengguna baru QRIS di Bengkulu tumbuh 76,43 persen di awal 2024
Baca juga: BI: Akselerasi pertumbuhan ekonomi Bengkulu berlangsung di 2024