Jakarta (ANTARA) - Pembalap Esteban Ocon dipastikan akan hengkang dari Alpine dan bergabung dengan tim balap Haas untuk menghadapi Formula 1 musim 2025.

Dikutip dari laman resmi Formula 1, Kamis, Ocon menandatangani kontrak multi-tahun dengan Haas dan menjadi rekan satu tim Oliver Bearman mulai tahun depan.

“Saya akan bergabung dengan tim balap yang sangat ambisius — yang semangat, etos kerja, dan perkembangannya yang tak terbantahkan, benar-benar membuat saya terkesan,” kata Ocon.

Adapun Ocon di sepanjang kariernya, telah start membalap sebanyak 146 kali untuk sejumlah tim, yaitu Manor, Force India, Renault dan Alpine. Ia mencetak 425 poin dalam periode tersebut termasuk tiga podium, salah satunya adalah kemenangan perdananya di Hungaria pada tahun 2021.

Baca juga: Ocon klaim podium pertama Alpine sejak 2021 di GP Monako

Pembalap Prancis itu sebelumnya pernah bekerja sama dengan Kepala Tim Haas Ayao Komatsu pada tahun 2014 bersama Lotus yang sekarang beroperasi di bawah bendera Alpine, di Valencia.

“Secara pribadi, saya sangat senang bisa bekerja sama dengan Ayao lagi, karena dia telah menjadi bagian dari debut saya ketika saya pertama kali masuk ke mobil Formula 1 saat saya masih di Lotus Junior lebih dari 10 tahun yang lalu,” ungkap Ocon.

“Haas memiliki rencana menarik dan target yang jelas untuk masa depan, dan saya sangat menantikan untuk bekerja sama dengan semua orang di Kannapolis, Banbury, dan Maranello, dan menjadi bagian dari proyek hebat ini,” ujarnya menambahkan.

Memiliki pengalaman yang kurang lebih sama, Komatsu mengatakan pihaknya senang dapat bekerja sama dengan Ocon selama dua musim mendatang.

“Saya jelas sudah menyadari bakatnya sejak lama dan sejarah pribadi kami dimulai dari penampilan perdana Esteban di mobil Formula 1, ketika saya menjadi teknisi balapannya hari itu bersama Lotus,” kenang Komatsu.

“Esteban kemudian menjadi talenta mapan di Formula 1 dan menjadi pemenang Grand Prix. Pengalaman yang ia bawa, tidak hanya dari basis talentanya tetapi juga dari bekerja di tim pabrikan, akan bermanfaat bagi kami dalam pertumbuhan kami sebagai sebuah organisasi,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Ocon bidik kemenangan meski baru sembuh dari penyakit paru-paru
Baca juga: Ocon perpanjang kontrak dengan Alpine hingga 2024