Jakarta (ANTARA) - Sebagai umat Muslim pasti sudah mengetahui bahwa berwudhu adalah salah satu syarat sah untuk ibadah. Namun tidak hanya menjadi syarat sah untuk ibadah, berwudhu memiliki banyak keutamaan yang sangat penting.

Karena begitu pentingnya wudhu, Allah SWT di dalam surah Al -Ma'idah ayat 6 memerintahkan secara langsung bagi setiap muslim yang hendak melaksanakan shalat untuk melaksanakan wudhu:


یَـٰۤأَیُّهَا ٱلَّذِینَ ءَامَنُوۤا۟ إِذَا قُمۡتُمۡ إِلَى ٱلصَّلَوٰةِ فَٱغۡسِلُوا۟ وُجُوهَكُمۡ وَأَیۡدِیَكُمۡ إِلَى ٱلۡمَرَافِقِ وَٱمۡسَحُوا۟ بِرُءُوسِكُمۡ وَأَرۡجُلَكُمۡ إِلَى ٱلۡكَعۡبَیۡنِۚ


"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan salat, maka basuh lah wajahmu dan tangan mu sampai ke siku, dan sapulah kepala mu dan (basuh) kedua kaki mu sampai ke kedua mata kaki," [Surat Al-Ma'idah: 6]

Lalu apa saja keutamaan menjaga wudhu bagi umat muslim? berikut adalah beberapa keutamaan yang penting untuk diketahui:

1. Meredakan amarah

Di antara keutamaan berwudhu, Rasulullah SAW bersabda bahwa wudhu dapat meredakan amarah:

إِنَّ الْغَضَبَ مِنْ الشَّيْطَانِ وَإِنَّ الشَّيْطَانَ خُلِقَ مِنْ النَّارِ وَإِنَّمَا تُطْفَأُ النَّارُ بِالْمَاءِ فَإِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَتَوَضَّأْ

Artinya:

“Sesungguhnya marah itu datangnya dari setan dan setan diciptakan dari api, sementara api akan mati dengan air, maka jika salah seorang dari kalian marah hendaklah berwudhu.” (HR Abu Dawud).

2. Penghapus dosa-dosa kecil

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Utsman Ibn Affan, Rasulullah SAW pernah bersabda:

لا يُسبِغُ عبدٌ الوضوءَ؛ إلّا غفَر اللهُ لهُ ما تقدمَ من ذنبِه وما تأخَّرَ

"Tidaklah seorang hamba melaksanakan wudhu dengan sempurna, melainkan Allah akan mengampuni dosanya yang telah lalu dan yang akan datang," (H.R. Al-Bazzar).

3. Memberikan cahaya pada tubuh di hari kiamat

Rasulullah SAW bersabda:

إنَّ أُمَّتي يُدْعَونَ غُرًّا مُحجَّلينَ مِن أثَرِ الوُضوءِ، فمَنِ استطاعَ منكم أنْ يُطيلَ غُرَّتَه فلْيفعَلْ.

“Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat dalam keadaan wajah, tangan dan kakinya nampak bercahaya karena adanya bekas wudhu. Barangsiapa di antara kalian dapat memperpanjang cahaya tersebut, hendaklah ia melakukannya.”

4. Wudhu merupakan ciri umat Nabi Muhammad SAW

Berwudhu memiliki keutamaan yaitu kelak di akhirat ketika dibangkitkan, orang-orang yang menjaga wudhu nya akan ada dalam keadaan bersinar dan indah berikut adalah Sabda Rasulullah:

إِنَّ أُمَّتِيْ يُدْعَوْنَ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ غُرًّا مُحَجَّلِيْنَ مِنْ آثَارِ اْلوُضُوْءِ فَمَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمْ أَنْ يُطِيْلَ غُرَّتَهُ فَلْيَفْعَلْ

“Ummatku akan dibangkitkan di hari Kiamat kelak dalam keadaan berseri-seri bekas air wudhu, maka barangsiapa yang dapat memperbanyak ghurrah-nya, hendaklah ia lakukan”

Ghurrah adalah cahaya yang terdapat pada anggota tubuh yang selalu dibasuh air wudhu yang akan terlihat pada hari kiamat, dan menjadikannya ciri dari umat Nabi Muhammad SAW. Wallahu a‘lam.

Baca juga: Doa saat masuk dan keluar kamar mandi

Baca juga: Doa mau tidur dan bangun tidur dalam Islam

Baca juga: Doa setelah mimpi buruk, dibaca untuk meminta perlindungan Allah