Sentani (ANTARA) - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pusat Tri Suswati Tito Karnavian mengharapkan masyarakat Papua harus mendukung suksesnya program stunting 2024.

Hal itu dikatakan Ketua TP PKK Pusat Tri Suswati Tito Karnavian didampingi Ketua Pokja 4 Bidang Penguatan Ketahanan Keluarga TP PKK Pusat Ai Dariah Gede Suratha saat mengunjungi Posyandu Onomi Felafauw Sentani, Senin (22/7).

Ketua TP PKK Pusat Tri Suswati Tito Karnavian di Sentani, Senin, mengatakan kegiatan pemberian vaksin polio dan stunting yang dilakukan oleh posyandu sangat luar biasa dan harus didukung oleh masyarakat.

“Masyarakat harus mendukung tenaga kesehatan maupun kader yang bekerja di posyandu dalam membantu penanganan ibu hamil, balita, serta dalam program stunting,” katanya.

Baca juga: Ketua PKK Pusat serahkan PMT ibu hamil Posyandu Onomi cegah stunting

Menurut Tri Suswati, saat ini sedang berlangsung Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio sehingga dibutuhkan dukungan masyarakat dengan membawa anak-anak mereka memperoleh vaksin tersebut di posyandu ataupun puskesmas.

“Anak-anak jangan dibiarkan begitu saja di rumah, tetapi waktu pelaksanaan posyandu setiap bulan harus dibawa untuk memperoleh penanganan lebih lanjut baik mengenai gizi, PIN Polio, atau pun kesehatan lainnya,” ujar Tri Suswati.

Dia menjelaskan dukungan masyarakat untuk mensukseskan program pemerintah sangat dibutuhkan, terutama berkaitan dengan PIN Polio dan stunting.

"Ingat peran masyarakat itu sangat penting, tanpa adanya dukungan nyata maka setiap program pemerintah tidak akan pernah berhasil," katanya.

Baca juga: Ketua PKK Pusat minta semua program harus menyentuh masyarakat

Dia menambahkan dukungan nyata masyarakat yang bisa dilakukan siapa saja dengan memberikan makanan bergizi dan sehat kepada anak-anak mereka.

"Kami minta supaya anak-anak di Papua harus dilatih mengkonsumsi makanan yang bergizi sesuai dengan pertumbuhan tumbuh kembang mereka yang baik," ujarnya.

Dalam kunjungan itu juga Ketua TP PKK Pusat Tri Suswati Tito Karnavian berdiskusi dengan tenaga medis, kader posyandu, dan masyarakat, mengenai pentingnya mengkonsumsi makanan bergizi, vaksin polio, serta melihat pemeriksaan ibu hamil.

Selain itu ia memberikan secara simbolis 240 paket dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berupa paket bahan kebutuhan pokok berupa lima kilogram beras, satu liter minyak goreng, dan satu kilogram gula pasir.

Baca juga: TP PKK Pusat salurkan 15.120 minyak goreng melalui pasar murah