Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin (Unhas) mengapresiasi terpilihnya tujuh mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman menjelajahi kapal penelitian OceanX di Tanjung Priok, Jakarta.

Direktur Kemahasiswaan Unhas, Abdullah Sanusi SE MBA PhD di Makassar, Jumat, mengatakan tur edukasi bersama OceanX ini jadi kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk ikut berkontribusi dalam tujuan pembangunan berkelanjutan.

Baca juga: Kapal riset OceanX sandar di Benoa Bali mulai misi penelitian kelautan

"Kami terus berupaya mendorong aktivitas mahasiswa di luar kampus untuk memperluas jejaring dan menambah pengetahuan yang tidak didapatkan di bangku kuliah," ujarnya.

Ia mengapresiasi kolaborasi Unhas, OceanX dan Tanoto Foundation yang bermanfaat bagi mahasiswa tersebut.

Ia menjelaskan kolaborasi ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari prinsip-prinsip yang berkaitan dengan ilmu kelautan dan media di atas kapal penelitian yang modern.

Peserta merasakan langsung kehidupan di atas kapal OceanXplorer, melihat penerapan teknologi canggih dan belajar tentang bidang baru dalam ilmu pengetahuan dan eksplorasi laut.

Kegiatan ini mulai dari melihat bridge kapal, submersible, lab-lab, dan berbagai fasilitas lainnya, dan rangkaian Immersive Education Tour tentang eksplorasi kehidupan bawah laut dan diskusi SDGs mengenai konservasi laut.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mendalam tentang laut yang penting untuk memitigasi perubahan iklim dan memastikan kesehatan dan keberlanjutan lautan dunia.

Baca juga: Melihat laut dunia dari Kapal OceanXplorer

Baca juga: Unhas luncurkan platform "Flow Speak" tingkatkan kemampuan mahasiswa


Ada 60 mahasiswa dari sepuluh kampus mitra Tanoto Foundation yang terlibat dalam tur pendidikan yang berlangsung pada 9 Juli lalu.

Academic Advisor Unesco YAR-TSRA 2023 Unhas, Ahmad Fauzan Adzima MSc mengatakan kegiatan ini diharapkan bisa memberi inspirasi bagi generasi muda untuk memimpin masa depan dengan peduli akan isu-isu kelautan.

“Ada dua perwakilan dari Tanoto Scholars Program Teladan dan 5 mahasiswa tim Climate YAR-TSRA 2023, diundang untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut dan berkesempatan melihat secara langsung bagaimana kapal OceanX di dalamnya,” ujarnya.