Jakarta (ANTARA) - Anak yang soleh dan sholehah tentu menjadi harapan semua orangtua, bahkan dalam kesehariannya, orangtua selalu mendoakan anaknya agar selalu sehat dan sukses dalam hidupnya.

Salah satu penghubung terkuat dengan Allah SWT untuk meminta keturunan anak yang sholeh atau sholehah dan bertakwa adalah melalui doa.

Doa-doa menjadi harapan mulia dari kedua orang tua untuk anaknya agar menjadi sosok muslim yang baik, taat, dan berbakti terhadap keluarganya serta agamanya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa doa orangtua adalah doa mustajab bagi anak. Demi masa depan dan memiliki kepribadian yang baik, ikhtiar doa mesti diamalkan dengan mememohon kepada Allah SWT.

Baca juga: Kumpulan doa memohon rezeki dan kekayaan

Berikut kumpulan doa agar diberikan keturunan yang sholeh dan sholehah, mengutip Kementerian Agama Republik Indonesia:

1. Surat Al-Imran: 38
Rabbi Hab lii milla dunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka samii'ud du'a'i.
Artinya: Wahai Tuhanku, karuniakanlah kepadaku keturunan yang baik dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa.

2. Surat Al-Furqan: 74
Rabbana Hab lanaa min azwaajinaa wa dzurriyaatinaa qurrata a'yuniw waj'alnaa lil muttaqiina imaama.
Artinya: Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami penyejuk mata dari pasangan dan keturunan kami serta jadikanlah kami sebagai pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.

Baca juga: Doa pelunas hutang yang diajarkan Rasulullah

3. Doa yang dibaca Nabi Muhammad untuk cucunya
U'idzukuma bi kalimatillahit tamati min kulli syaithanin wa hammatin wa min kulli 'aynin lammah.
Artinya: "Aku melindungi kalian berdua dengan kalimat Allah yang sempurna dari segala setan, hewan melata, dan segala penyakit ain yang ditimbulkan mata jahat."

4. Doa yang dibaca Nabi Ibrahim, Nabi Zakariya, dan nabi lainnya.
Rabbi hab li minas shalihin
Artinya: “Ya Tuhanku, anugerahilah kami keturunan yang termasuk orang-orang yang saleh.”

5. Doa yang dibaca para ulama
Allahumma barik lana fi auladina wa dzurriyyatina wahfadhhum wa la tadlurrahum warzuqna birrahum
Artinya: “Ya Allah berkahilah kami di dalam anak-anak dan keturunan kami, jagalah mereka (dari segala kejelekan), jangan Engkau bahayakan mereka, dan berilah kami kebaikan mereka.”

Pasangan suami istri yang ikhtiar berdoa, berusaha semaksimal mungkin, dan beriman tawakal kepada Allah SWT yakin akan terkabulnya doa-doa yang telah dipanjatkan. Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan, kesabaran, dan keberkahan kepada setiap pasangan yang menginginkan keturunan sholeh dan sholehah.

Baca juga: Doa minta kesembuhan dari penyakit yang diajarkan Rasulullah

Baca juga: Doa cari jodoh agar dapat pasangan tepat