Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mempromosikan capaian pendidikan vokasi lewat gelaran Vokasifest2024 yang berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI)/ Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

Dalam rilis yang disiarkan oleh Kemendikbudristek di Jakarta pada Kamis, gelaran itu merupakan kolaborasi antara Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Provinsi DKI Jakarta, dan Kantor Bank Indonesia Perwakilan Provinsi DKI Jakarta untuk mempromosikan capaian pendidikan vokasi melalui kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sekaligus mempromosikan produk lokal UMKM.

"Pendidikan Vokasi dapat melahirkan karya-karya hebat anak bangsa sebagai produk buatan Indonesia oleh SDM yang kompeten. Hal ini sejalan dengan visi Gernas BBIBBWI maka dari itu kami sangat senang berkolaborasi dengan mereka," kata Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Kiki Yuliati.

Ia menambahkan pihaknya juga ingin mengajak masyarakat untuk dapat mengenal dan mengetahui pendidikan vokasi yang berperan penting dalam mempersiapkan individu untuk terjun ke dunia kerja, berwirausaha, atau melanjutkan pendidikan melalui acara tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti mengatakan sejalan dengan semangat Merdeka Belajar, transformasi pendidikan vokasi telah dilakukan dengan mengedepankan kolaborasi lintas sektor.

Hal tersebut dilakukan untuk mengakselerasi penyiapan SDM yang berkualitas dan relevan dalam menjawab tantangan dan permasalahan industri, termasuk UMKM

"Untuk menghasilkan produk yang bagus, dibutuhkan juga SDM yang kompeten, sehingga mereka dapat menghasilkan produk yang sesuai permintaan konsumen. Tidak hanya dari fungsional, tetapi juga dari hal kualitas. Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat mendukung pengembangan SDM Indonesia melalui praktik dari transformasi pendidikan vokasi, sehingga dapat meningkatkan kualitas produk lokal yang dapat bersaing," jelas Suharti.

Sebagai informasi, Gernas BBI/BBWI X Vokasifest 2024 akan diselenggarakan di Taman Lapangan Benteng, Jakarta pada 20-21 Juli 2024.

Adapun rangkaian agenda gelaran tersebut, meliputi pameran UMKM binaan Pemprov DKI Jakarta dan Bank Indonesia, talkshow, workshop vokasi, serta pentas seni berupa Harvesting Ceremony oleh SMK Perguruan Cikini, dan peragaan busana yang dibina oleh Bank Indonesia DKI Jakarta.


Baca juga: Kemendikbudristek latih SMK jadi wirausaha muda sambut Vokasifest
Baca juga: Kemendikbudristek: 28.415 peserta lolos SNBT PTN Vokasi
Baca juga: Kemendikbudristek: Perlu penguatan kualitas guru dan dosen vokasi