Beijing (ANTARA) - Pesawat amfibi berukuran besar yang dikembangkan secara mandiri oleh China, AG600, berhasil menyelesaikan uji terbang pada suhu dan kelembapan tinggi, seperti disampaikan Aviation Industry Corporation of China (AVIC), Kamis.

AG600 melakukan uji terbang yang berlangsung sekitar 2,5 jam di sebuah bandara di Nanchang, Provinsi Jiangxi, China timur, pada Selasa (16/7). Seluruh sistem pesawat itu bekerja dengan baik selama sesi tersebut, kata AVIC, produsen pesawat terbang terkemuka di China.

Sebelum uji terbang, pesawat tersebut terpapar sinar matahari selama lima jam di lingkungan dengan suhu rata-rata lebih dari 35 derajat Celsius dan kelembapan rata-rata lebih dari 44 persen.

Penerbangan pada suhu tinggi dan kelembapan tinggi itu dilakukan untuk menguji sistem hidraulik pesawat tersebut, dan merupakan bagian utama dalam proses sertifikasi AG600.

AG600 sebelumnya telah menyelesaikan uji terbang dalam cuaca dingin pada Februari tahun ini di Daerah Otonom Mongolia Dalam, China utara, ungkap pihak pengembang.