Jakarta (ANTARA) -
Sebagaimana diajarkan dalam agama bahwa hutang harus dibayar, namun karena kondisi kadang kita belum bisa membayar, mengembalikan, atau melunasinya.
Berhutang bukan hal yang haram sehingga diperbolehkan, namun akan menjadi haram ketika tidak dibayarkan. Jika mempunyai hutang, dianjurkan untuk segera melunasi tanpa menundanya.
​​​​​
Namun, sebaiknya jika tidak benar-benar membutuhkan dan masih ada jalan lain, lebih baik tidak berhutang atau dihindari.

Kondisi tiap orang sangatlah berbeda-beda, niat kuat ingin segera melunasi hutang tetapi terkadang sulit untuk mengumpulkan uang membayar hutang.

Baca juga: Cicil utang dengan THR, tips kelola keuangan agar tetap sehat

Ketika kesulitan dalam melunasi hutang, tidak hanya dengan bekerja mencari uang, Rasulullah telah mengajarkan doa yang dapat diamalkan agar dapat keluar dari masalah hutang.
Berikut adalah doa pelunas hutang dari riwayat para sahabat yang diajarkan Rasulullah SAW.

Doa pelunas hutang riwayat Abu Sa‘id al-Khudri
Allahumma inni a‘udzu bika minal hammi wal hazan. Wa a‘udzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a‘udzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a‘udzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijal

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang.”

Baca juga: Polisi tangkap pria diduga penagih utang yang ambil motor ojol

Doa pelunas hutang riwayat Mu’adz bin Jabal

Allahumma faarijal hammi wa kaasyifil karbi da'watil mudhthori. rohmanaddunya wal akhiroti wa rohiimahuma. Irhamni fii qodhooi daynii rohmatan taghniinii biha 'an rohmati man siwaaka.
Artinya: "Ya Allah Zat yang membukakan (solusi) keprihatinan, yang membukakan (solusi) kesusahan, yang mengabulkan doa orang yang terdesak, Zat yang Maha Pengasih dan Penyayang di dunia dan di akhirat, belaskasihilah aku dalam melunasi hutangku, dengan belas kasih yang dengannya aku tidak membutuhkan belas kasih selain dari-Mu."
Doa pelunas hutang riwayat Abu Hurairah
​​​​​​​
Allahumma robbas-samaawaatis sab’i wa robbal ‘arsyil ‘azhiim, robbanaa wa robba kulli syai-in, faaliqol habbi wan-nawaa wa munzilat-tawrooti wal injiil wal furqoon. A’udzu bika min syarri kulli syai-in anta aakhidzum binaa-shiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syai-un wa antal aakhiru falaysa ba’daka syai-un, wa antazh zhoohiru fa laysa fawqoka syai-un, wa antal baathinu falaysa duunaka syai-un, iqdhi ‘annad-dainaa wa aghninaa minal faqri.

Artinya: “Ya Allah kami mohon anugerahkan kecukupan rezeki untuk melunasi utang-utang kami hamba-Mu ya Allah dan bebaskan kami dari kefakiran. Mohon anugerahkan kami keluasan rezeki untuk melunasi utang-utang dan lepaskan kami dari kefakiran.”

Baca juga: Polisi amankan penagih hutang hadang kendaraan di Pekanbaru

Baca juga: Ganjar temui petani terjerat hutang, tebar janji pemutihan KUR